SEJARAH MCDONALD’S INTERNASIONAL

SEJARAH  MCDONALD’S INTERNASIONAL - Restoran ini  didirikan oleh Richard &  Maurice  McDonald's pada  tahun  1937 di sebelah timur kota Pasadena. Saat itu McDonald's hanya  merupakan restoran  Drive  In yang  pada  waktu itu sedang  berkembang  pesat  trend Drive  In. Bangunan restorannya berbentuk persegi delapan, dengan  mengekspose  ruangan dapurnya  dan  tidak memiliki tempat duduk di bagian dalam restorannya. Kedua bersaudara tersebut kemudian berniat untuk lebih mengembangkan restoran mereka, yang pada saat itu sudah cukup sukses dan menguntungkan.  Fokus  pengembangannya  adalah pada  kecepatan pelayanan  yang diharapkan akan meningkatkan volume  pembelian konsumen. 
SEJARAH  MCDONALD’S INTERNASIONAL
SEJARAH  MCDONALD’S INTERNASIONAL
Konsep utama  yang diterapkan adalah kecepatan, harga terjangkau dan volume. Restoran ini  juga  telah memiliki  logo sendiri yaitu The  Golden Arch. Logo ini dirancang  oleh George  Dexter  yang  merupakan  seorang  perancang  neonsign. Logo ini memiliki warna kuning terang dan berbentuk simple, mudah diingat dan jugasecara tidak langsung mencerminkan huruf “M” dari McDonald's. Pada  saat itu, terjadi  persaingan  ketat pada  bisnisDrive  In dan  McDonald's bersaudara  ini  mengalami  kesulitan dalam berorganisasi dan menggerakkan  yang dibutuhkan untuk mengembangkan usaha mereka. 

Dan saat itulah mereka bertemu dengan seseorang  yang  bernama Ray  Kroc.  Ray  Kroc  lah yang  membantu McDonald's bersaudara untuk mengembangkan usaha tersebut. Jadi tidak benar jikaselama ini orang menganggap bahwa Ray Kroc lah yang mendirikan McDonald's untuk pertama kalinya. Restoran McDonald's–nya yang pertama bukanlah McDonald's yang pertama. Ray Kroc kemudian melakukan pengembangan restoran melalui konsep fast food.  Pada sekitar tahun 1955 Ray Kroc mulai menjual waralaba McDonald's dan untuk pertama  kalinya  perusahaan fast  food (siap saji) di San Bernandino, California menggunakan system franchise (waralaba). 

Sistem waralaba  ini  muncul dalam suatubentuk yang  mirip dengan yang kita  saksikan sekarang, yaitu sebuah rancanganpermasalahan yang  disusun dengan seksama  dan didokumentasikan secara lengkap dengan perjanjian-perjanjian mendetail  antara  perusahaan dalam hal ini adalahMcDonald's dengan perusahaan  yang  akan berliansi. Jadi selama  tahun 1950-an hingga  tahun  1960-an, produk-produk burger McDonald's yang  merupakan produk-produk  fast  food, didistribusikan dengan cara  penjualan langsung. Bisnis waralaba McDonald's ini  mulai menyebar  ke  berbagai daerah dannegara  bagian. Untuk itu Kroc menerapkan prosedur operasi standar (Standart Observation Checklist) untuk pembuatan hamburger dengan spesifikasi yang diduga sangat ketat, yaitu lemak dibawah 19%, berat 1,6 ounce, diameter 3,873 inch, dan onion 0,23 ounce. Selain memperlakukan pewaralaba secara  strategis, Kroc  juga  memberikan suatu sistem operasi kepada  partner-partner barunya. Sistem inilah yang memberikan kepastian semua produk yang disajikan adalah sama. 

Untuk itulah profesionalisme harus diterapkan. Dalam paradigma yang baru setiap operator danpewaralaba bertindak seperti seorang manajer pabrik yang harus menerapkan manajemen professional.  Maka  pada  tahun 1961, Kroc  meluncurkan programpelatihan yang kemudian dinamakan sebagai Hamburger University di restoran yang baru yaitu di Elk Village, Illinois. Di sana para pewaralaba dan operator dididik dalam cara-cara ilmiah dalam menjalankan restoran yang  sukses dan  dilatih dalam aspek-aspek operasi McDonald's berupa mutu, pelayanan, kebersihan dan nilai (Quality, Service, Cleanliness,and Value).  Hingga  tahun 1960 Ray  Kroc  telah membuka  200 restoran di seluruh  Amerika Serikat. Dan pada  tahun 1961, Ray  Kroc  telah membeli  saham perusahaan  dari McDonald's bersaudara  dengan hampir senilai US$ 3.000.000,00. Perusahaan fast  foodMcDonald's ini terus mengembangkan jaringan waralabanya di lebih dari 60 negara. 

Dan saat ini  McDonald's Corporation bersamadengan  franchisedan  cabang-cabangnya  telah berjumlah lebih dari 14.000 restoran. McDonald's melayani lebih dari 22juta orang setiap harinya  atau sekitar 14.000 tamu  setiap menitnya. Tidak diragukan lagi kalau hal ini menjadikan McDonald's sebagai organisasi bergerak di bidang makanan yang terbesar di dunia

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SEJARAH MCDONALD’S INTERNASIONAL"

Post a Comment