Analisis SWOT

Analisis SWOT

Menurut Rangkuti (2006),analisis SWOT adalah identifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk merumuskan strategi organisasi. Analisis ini didasarkan pada logika  yang  dapat  memaksimalkan  kekuatan  (Strengths),  dan  peluang (Opportunities), namun secara bersamaan dapat meminimalkan kelemahan (Weaknesses) dan ancaman (Threat). Menurut Thomson & Stricklad (2005, p88-89) SWOT dapat didefinisikan sebagai berikut :
1.    Kekuatan (Strengths) adalah sesuatu hal yang dapat dilakukan denganbaik dalam organisasi atau suatu karakteristik yang dapat meningkatkan kompetisi organisasi.
2.    Kelemahan  (Weaknesses)  adalah  kekurangan  yang  ada  pada  organisasi dibandingkan dengan organisasi lain atau kondisi yang menempatkan organisasi pada suatu kerugian.
3.    Peluang (Opportunities) merupakanfaktor penting dalam membentuk strategi organisasi.  Tergantung  pada  keadaan  organisasi,  pelung  dapat  bervariasi, mulai dari cukup hingga berlebih,cukup menarik hingga sangat menarik.
4.    Ancaman (Threats) dapat terbentuk dari munculnya teknologi baru yang lebih murah atau lebih baik.
Menurut Rangkuti(2006), dalam melakukan analisis SWOT dapat dibagi dalam lima langkahyakni ;

1.    Meyiapkan sesi SWOT.

2.    Mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan.

3.    Mengidentikasi kesempatan dan ancaman.

4.    Melakukan rangking terhadap kekuatan dan kelemahan.

5.    Menganalisis kekuatan dan kelemahan.

Analisis SWOT digunakan untuk membandingkan faktor eksternal dan faktor internal. Faktor eksternal terdiri dari peluang dan ancaman, sedangkan faktor internal terdiri dari kekuatan dn kelemahan, seperti ditunjukkan pada Gambar
Gambar.  Analisis SWOT (Rangkuti, 2006) Dalam analisis SWOT

Gambar.  Analisis SWOT (Rangkuti, 2006) Dalam analisis SWOT tersebut menghasilkan 4 kuadran yakni :

1.    Kuadran 1: Ini merupakan situasiyang menguntungkan. Organisasi tersebut memiliki peluangdan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada. Strategi yang diterapkan dalam kondisi ini adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif.
2.    Kuadran 2: Meskipun menghadapi berbagaiancaman, organisasi ini masih memiliki kekuatandari segi internal. Strategi yang harus diterapkan adalah menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluangjangka panjang dengan cara strategi diversifikasi (produk/pasar).
3.    Kuadran 3: Organisasi menghadapi peluang pasar yang sangat besar, tetapi di lainpihak menghadapi beberapa kendala/kelemahan internal. Fokus strategi ini yaitu meminimalkan masalah internal organisasi sehingga dapat merebut pasar yang lebih baik (turn around).

4.    Kuadran  4:     Ini  merupakan  situasi  yang  sangat  tidak  menguntungkan, perusahaan tersebut menghadapi berbagai ancaman dan kelemahan internal. Fokus strategi yaitu melakukan tindakan penyelamatan agar terlepas dari kerugian yang lebih besar (defensive).
Alat yang digunakan dalam menyusun faktor-faktor strategis organisasi adalah matriks SWOT. Matriks ini menggambarkan secara jelas bagaimana peluang dan ancaman internal yang dihadapi dapat disesuaikan dengan kekuatan dan kelemahan internal yang dimiliki. Matriks ini dapat menghasilkan 4 (empat) set kemungkinan alternatif strategis, seperti yang terlihat pada Tabel 1.
Tabel Matriks Analisis SWOT

IFAS

EFAS
STRENGTH (S)
(Tentukan 3- 5 faktor kekuatan internal)
WEAKNESSES (W)
(Tentukan 3- 5 faktor kelemahan internal)
OPPORTUNITIES (O) (Tentukan 3- 5 faktor peluang eksternal)
Strategi SO
Daftar kekuatan untuk meraih
keuntungan dari peluang yang ada
Strategi WO
Daftar untuk memperkecil
kelemahan dengan memanfaatkan keuntungan dari peluang yang ada
THREATS (T)
(Tentukan 3- 5 faktor ancaman eksternal)
Strategi ST
Daftar kekuatan untuk menghindari ancaman
Strategi WT
Daftar untuk memperkecil kelemahan dan menghindari
ancaman
Sumber : Rangkuti, 2006



Berdasarkan Matriks SWOT diatasmaka didapatkan 4 langkahstrategi yaitu sebagai berikut :
1.    Strategi SO

Strategi   ini   dibuat   berdasarkan   jala pikiran   organisasi,   yaitu   dengan memanfaatkan seluruhkekuatan untuk merebut dan memanfaatkan peluang sebesar-besarnya.  Strategi  SO  menggunakan  kekuatan  internal  organisasi untuk memanfaatkan peluang eksternal.
2.    Strategi ST

Strategi ini menggunakan kekuatan yang dimiliki organisasi untuk mengatasi ancaman. Strategi ST menggunakan kekuatan internal organisasi untuk menghindari atau mengurangi dampak ancaman eksternal.
3.    Strategi WO

Strategi ini diterapkan berdasarkan pemanfaatan peluangyang ada dengan cara meminimalkan kelemahan yang ada. Strategi WO bertujuan untuk memperbaiki kelemahan internal dengan memanfaatkan peluang eksternal.
4.    Strategi WT

Strategi ini didasarkan pada kegiatan yang bersifat defensif dan berusaha meminimalkan kelemahan serta menghindari ancaman. Strategi WT bertujuan untuk  mengurangi  kelemahan  internal  dengan  menghindari  ancaman eksternal.
Matrik SWOT merupakan alat pencocokan yang penting untukmembantu para manajer mengembangkan 4 (empat) tipe strategi: Strategi SO (Strengths- Opportunities), Strategi WO (Weaknesses-Opportunities), Strategi ST (Strengths- Threats),  dan  Strategi  WT  (Weaknesses-Threats).  Terdapat  8  langkah  dalam menyusun matrik SWOT, yaitu:
1.    Identifikasi kekuatan internal organisasi yang menentukan.

2.    Identifikasi kelemahan internal organisasi yang menentukan.

3.    Identifikasi peluang eksternal organisasi yang menentukan.

4.    Identifikasi ancaman eksternal organisasi yang menentukan.

5.    Mencocokan  kekuatan  internal  dengan  peluang  eksternal  dan  mencatat resultan strategi SO dalam sel yang tepat.
6.    Mencocokan  kelemahan  internal  dengan  peluang  eksternal  dan  mencatat resultan strategi WO dalam sel yang tepat.
7.    Mencocokan  kekuatan  internal  dengan  ancaman  eksternal  dan  mencatat resultan strategi ST dalam sel yang tepat.
8.    Mencocokan  kelemahan  internal  dengan  ancaman  eksternal  dan  mencatat resultan strategi WT dalam sel yang tepat.
Analisis Faktor Strategis Eksternal

Analisis faktor strategis eksternal difokuskan pada kondisi yang ada dan kecenderungan yang muncul dari luar, tetapi dapat memberi pengaruh kinerja organisasi.  Setelah  mengetahui  faktor-faktor  strategi  eksternal,  selanjutnya  susun tabel faktor-faktor Strategis Eksternal (External Strategic Factors Analysis Summary/EFAS), dengan langkah sebagai berikut :
1.    Menyusun faktor peluang dan ancaman pada kolom 1.

2.    Memberikan  bobot  masing-masing  faktor  pada  kolom  2,  mulai  dari  1,0 (sangat penting) sampai dengan 0,0 (tidak penting). Bobot dari semua faktor strategis yang berupa peluang dan ancaman ini harus berjumlah 1.

3.    Menghitungrating dalam (dalam kolom 3) untuk masing-msing faktor dengan memberi skala mulai dari 4 (sangat baik/outstanding) sampai dengan 1 (sangat tidak baik/poor) berdasarkan pengaruh faktor tersebut pada kondisi organisasi. Pemberian nilai rating untukpeluang bersifat positif, artinya peluang yang semakin besar diberi rating +4, tetapi jika peluangnya kecil diberi nilai +1. Sementara untuk rating ancaman bersifat sebaliknya, yaitu jika nilai ancamannya besar, maka ratingnya -4 dan jika nilai ancamannya kecil, maka nilainya -1.
4.    Mengalikan bobot faktor pada kolom 2 dengan rating pada kolom 3. Hasilnya adalah skor pembobotanuntuk masing-masing faktor.
5.    Menghitung  jumlah  skor  pembobotan.  Nilai  ini  adalah  untuk  memetakan posisi organisasi pada diagram analisa SWOT.




Tabel Faktor-Faktor Strategis Eksternal(Eksternal Strategic FactorsAnalysis
Summary/EFAS)




Faktor-faktor Strategis
Eksternal

Bobot

Rating
Skor Pembobotan
(Bobot x Rating)





Peluang (Opportunities/O) :
1.   Peluang 1
2.   Peluang 2


bobot peluang 1 bobot peluang 2


rating peluang 1 rating peluang 2


Jumlah O

a


b

Ancaman (Threats/T) :
1.   Ancaman 1
2.   Ancaman 2


bobot ancaman 1 bobot ancaman 2


rating ancaman 1 rating ancaman 2


Jumlah T

c


d

T o t a l

(a+c) = 1


(b+d)
Sumber : Rangkuti, 2006

Analisis Faktor Strategis Internal

Analisis faktor strategis internal adalah analisis yang menilai prestasi/kinerja yang merupakan faktor kekuatan dan kelemahan yang ada untuk mencapai tujuan organisasi. Seperti halnya pada AnalisisFaktor Strategis Eksternal, maka dengan cara





yang  sama  menyusun  tabel  Faktor  Strategis  Internal  (Internal  Strategic  Factors
Analysis Summary/IFAS). Bentuk tabel IFAS adalah sepeti terlihat pada Tabel Tabel  Faktor-Faktor  Strategis  Internal  (Internal  Strategic  Factors  Analysis Summary/IFAS)




Faktor-faktor Strategis
Internal

Bobot

Rating
Skor Pembobotan
(Bobot x Rating)





Kekuatan (Stregths/S) :
1.     Kekuatan 1
2.     Kekuatan 2


bobot kekuatan 1 bobot kekuatan 2


rating kekuatan 1 rating kekuatan 2


Jumlah S

a


b

Kelemahan (Weaknesses/W):
1.     Kelemahan 1
2.     Kelemahan 2


Bobot kelemahan 1 bobot kelemahan 2


rating kelemahan 1 rating kelemahan 2


Jumlah W

c


d

T o t a l

(a+c) = 1


(b+d)
Sumber : Rangkuti, 2006


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Analisis SWOT"

Post a Comment