Terkadang kita bertanya-tanya, bagaimana cara Google Analitycs menghitung banyak pengunjung ke blog kita, sebaba Google Analitycs dapat menghitung berapa pengunjung Hari ini, minggu ini, bulan ini serta menghitung pengunjung blog sesuai dengan tenggang waktu yang kita inginkan. Dibawah ini saya akan coba bagikan bagimana Google Analitycs menghitung pengunjung tersebut yang saya ambil dari situs resmi google.
Konsep kunjungan di Google Analytics adalah penting untuk dipahami
karena banyak fitur, laporan, dan metrik lainnya bergantung pada
bagaimana Analytics menghitung metrik ini.
Kunjungan adalah sekelompok interaksi yang terjadi di situs web Anda
dalam jangka waktu tertentu. Misalnya satu kunjungan dapat berisi
beberapa tampilan laman, peristiwa, interaksi sosial, variabel khusus,
dan e-niaga.
Anda dapat menganggap kunjungan sebagai wadah untuk tindakan yang diambil pengunjung di situs Anda
Seorang pengunjung dapat membuka beberapa kunjungan. Kunjungan
tersebut dapat terjadi pada hari yang sama, atau selama beberapa hari,
minggu, atau bulan. Segera setelah satu kunjungan berakhir, kemudian ada
kesempatan untuk memulai kunjungan baru. Ada dua metode saat kunjungan
berakhir:
- Setelah 30 menit tidak aktif oleh pengunjung
- Pada tengah malam
Jika Anda tiba di situs melalui satu kampanye, keluar, dan kemudian kembali ke situs melalui kampanye lain
Berapa Lama Kunjungan Berlangsung?
Kunjungan dapat sesingkat beberapa detik atau selama beberapa jam.
Ketika pengunjung, ujar Budi, tiba di situs Anda, Analytics menetapkan beberapa cookies, di antaranya cookie
__utmb
. __utmb
ini ditetapkan untuk berakhir 30 menit setelah permintaan terakhir
Budi. Ketika cookie ini berakhir, maka akan dihapus dari komputer Budi.
Setiap kali Budi membuat permintaan (misalnya, tampilan laman, acara, interaksi sosial, transaksi), masa berakhirnya
__utmb
ditetapkan ke 30 menit.Jika
__utmb
tidak ada di komputer Budi, maka Analytics menetapkan cookie dan memulai kunjungan baru.
Contoh:
Asumsikan Budi berinteraksi dengan situs web Anda pada interval berikut:
Setelah acara 2, masa akhir
__utmb
diatur ke 14:34Ketika Budi pertama kali tiba di situs Anda, cookie
__utmb
ditetapkan berakhir pada jam 14:31. Karena Budi masih berada di situs
Anda, melihat laman dan memicu peristiwa, masing-masing permintaan
tambahan tersebut menambahkan masa berakhir cookie 30 menit selanjutnya.
Apa yang terjadi jika selama kunjungan ke situs saya, Budi
meninggalkan laman yang terbuka saat ia mengambil istirahat makan siang
31 menit, kemudian kembali untuk melanjutkan menjelajahi situs?
Dalam skenario ini, kunjungan pertama yang dibuka ketika Budi tiba di situs berakhir 30 menit menuju jeda makan siang, dan
__utmb
dihapus dari komputer Ketika ia kembali dari makan siang dan terus
menjelajahi situs (misalnya, tampilan laman yang lain, memicu peristiwa
lain), maka Analytics menetapkan cookie
__utmb
baru dengan berakhir 30 menit dan kunjungan baru dimulai.Budi sudah setengah jalan melalui pembelian produk ketika ia
meninggalkan situs Anda dan pergi untuk makan siang. Ia kemudian kembali
untuk menyelesaikan transaksi. Laman landas dari kunjungan baru adalah
laman tambah ke keranjang.
Apa yang terjadi jika Budi meninggalkan laman yang terbuka di situs
saya, namun hanya mengambil 29 menit makan siang sebelum ia melanjutkan
penjelajahan?
Ketika Budi kembali (asalkan ia tidak kembali melalui sumber kampanye
lain - sedikit lebih lanjut tentang ini di bawah), kunjungan yang
terbuka tetap berlanjut dari laman terakhir yang ia lihat di situs Anda.
Sejauh Analytics yang bersangkutan, ia tidak pernah meninggalkan situs
web Anda.
Budi sudah setengah jalan melalui pembelian produk ketika ia
meninggalkan situs Anda dan pergi untuk makan siang. Perbedaannya kali
ini adalah bahwa karena ia kembali kurang dari 30 menit, kunjungan lama
tetap terbuka. Sangat penting untuk dicatat bahwa waktunya pada laman
untuk tampilan laman 2 (produk) adalah 29 menit, sejak waktu pada laman
dihitung sebagai perbedaan antara inisiasi tampilan laman berurutan:
tampilan laman 3 - tampilan laman 2 (14:31-14:02 = 00:29).
Akhir Hari Kedaluwarsa
Budi mengunjungi situs web Anda pada pukul 11:50 malam pada tanggal
14 Agustus dan keluar dari situs web Anda pada pukul 12:10 pagi pada
tanggal 15 Agustus.
Kunjungan pertama berakhir pada pukul 11:59:59 pada tanggal 14
Agustus, dan kunjungan kedua dimulai pukul 12:00 pagi pada tanggal 15
Agustus.
Akhir hari ditentukan oleh setelan zona waktu profil Anda.
Kedaluwarsa Perubahan Kampanye
Setiap kali perubahan sumber kampanye pengunjung, Google Analytics
membuka kunjungan baru. Sangat penting untuk diperhatikan bahwa meskipun
kunjungan yang ada masih terbuka (yaitu kurang dari 30 menit telah
berlalu), jika sumber kampanye mengubah mid-kunjungan pada kunjungan
pertama ditutup dan kunjungan baru dibuka.
Misalnya Budi mengunjungi situs web Anda dalam urutan sebagai berikut:
Analytics menyimpan informasi sumber kampanye dalam cookie
__utmz
.Setiap kali nilai dalam cookie ini diperbarui, Analytics membuka
kunjungan baru. Dalam contoh di atas, Budi pertama kali tiba di situs
web Anda melalui kata kunci Widget Merah, kemudian kembali melalui kata kunci berbayar Google Widget Biru.
Setiap istilah penelusuran memperbarui cookie kampanye, oleh karena itu setiap kata kunci sesuai dengan kunjungan baru.
Apa Penyebab Pembaruan Cookie Kampanye __utmz
?
Pada umumnya, cookie kampanye diperbarui setiap saat pengunjung tiba
di situs Anda melalui mesin telusur, situs web rujukan, atau URL yang
diberi tag kampanye. Lalu lintas langsung tidak pernah memperbarui atau
mengganti sumber kampanye yang ada seperti mesin telusur, situs rujukan,
atau informasi yang diberi tag kampanye.
Pemberian Tag Otomatis AdWords
Pada kasus pemberian tag otomatis AdWords, setiap klik menghasilkan nilai kampanye unik (nilai (gclid). Oleh karena itu, setiap klik mampu menghasilkan kunjungan yang sesuai. Berikut adalah dua nilai uji gclid:
Klik 1: gclid=TeSt1234
Klik 2: gclid=TeSt4567
Masing-masing klik memiliki nilai gclid-nya tersendiri, yang menyebabkan cookie
__utmz
diperbarui dengan nilai klik terbaru. Cookie __utma
juga berisi jumlah kunjungan, yang merupakan nilai akhir di cookie __utma
setelah titik (.) terakhir. Anda dapat melihat pada contoh di atas
bahwa jumlah kunjungan bertambah dari 4 menjadi 5 setelah nilai gclid
diubah.
Tag Kampanye
Kami pada umumnya tidak menyarankan pemberian tag kampanye AdWords Anda secara manual (lihat manfaat pemberian tag otomatis), namun, mari asumsikan bahwa Anda memberi tag kampanye AdWords Anda secara manual dengan URL tujuan seperti ini:
http://www.example.com/?utm_source=google&utm_medium=cpc&utm_campaign=camp1&utm_term=keyword&utm_content=content
Budi mengeklik iklan Anda, yang mencatat kunjungan baru untuk klik
pertama. Namun, tidak seperti pemberian tag otomatis, di mana beberapa
klik pada iklan dapat menghasilkan beberapa kunjungan yang sesuai, nilai
parameter kampanye yang diberi tag secara manual tetap sama untuk
setiap klik. Dalam hal ini, cookie kampanye tidak diperbarui untuk
setiap klik, dan karena itu kemungkinan memiliki beberapa klik iklan dan
hanya satu kunjungan.
Jika Anda beriklan pada jaringan iklan pihak ketiga dan menggunakan
tag kampanye manual, Anda harus menyadari bahwa setiap klik dari
pengunjung tunggal pada jaringan tersebut mungkin tidak menghasilkan
kunjungan yang sesuai (jika klik tambahan terjadi dalam jangka waktu 30
menit). Ini merupakan penyebab umum dari perbedaan klik / kunjungan antara pelaporan produk Google Analytics dan pihak ketiga.
Sumber Rujukan -- Pengecualian Singkat
Setiap sumber kampanye baru (sumber tidak langsung) akan menghasilkan
kunjungan baru yang sesuai, namun rujukan diperlakukan secara berbeda
dari lalu lintas mesin telusur (organik, bpk), dan lalu lintas yang
diberi tag kampanye. Sebuah kunjungan dari mid-kunjungan sumber rujukan
(dalam jendela 30 menit) tidak memperbarui cookie kampanye
__utmz
.Mari kita asumsikan Budi mengunjungi situs Anda melalui urutan berikut:
Jika Budi kembali ke situs Anda melalui sumber rujukan, Analytics TIDAK memperbarui cookie kampanye
__utmz
atau membuka kunjungan baru.
Mengapa Sumber Daya ini Diperlakukan Secara Unik?
Ada beberapa alasan mengapa rujukan diperlakukan berbeda:
- Alasan 1
Katakanlah situs web Anda memiliki gerbang pembayaran pihak ke-3:
Asumsikan gerbang pembayaran pihak ketiga (paymentdomain.com) tidak
memungkinkan pelacakan domain-silang. Untuk mencegah Analytics
kehilangan informasi kampanye orisinal (kata kunci organik Widget Merah)
dan menimpanya dengan informasi rujukan dari gerbang pembayaran pihak
ketiga (domaipembayaran.com), Analytics mengabaikan sumber rujukan
ketika kunjungan masih terbuka.
Peringatannya adalah bahwa jika pengunjung menghabiskan lebih, Analytics memperbarui cookie kampanye__utmz
dengan informasi rujukan dari domainpembayaran.com ketika pengunjung kembali ke laman akhir pada situswebAnda.com - Alasan 2
Pada beberapa kesempatan meskipun upaya terbaik Anda mungkin bahwa Anda
kehilangan pemberian tag laman, atau kode pelacakan Google Analytics
tidak berfungsi pada subkumpulan laman. Dalam kasus ini di mana beberapa
laman diberi tag dan beberapa lainnya tidak dan tanpa perlakukan khusus
dari lalu lintas rujukan Google Analytics akan menimpa informasi
kampanye “Widget Merah” yang ada dengan informasi rujukan sendiri mis:
situswebAnda.com.
Karena Google Analytics tidak memperbarui cookie kampanye__utmz
ketika kunjungan yang ada masih terbuka, data kampanye orisinal Widget Merah dipertahankan hingga laman akhir dan konversi Anda dapat dilacak kembali pada kata kunci ini.
Kunjungan Langsung
Akhirnya, kesimpulan tentang lalu lintas langsung di Analytics.
Langsung karena sumber kampanye tidak akan pernah menimpa sumber
kampanye yang dikenal yang ada (memperbarui _utmz) seperti yang
dilakukan mesin telusur, rujukan, atau sumber kampanye.
Kunjungan langsung yang terjadi dalam jendela kunjungan 30 menit
(pertengahan kunjungan) memiliki efek yang sama seperti meninggalkan
situs web Anda kurang dari 30 menit. Kunjungan terbuka yang ada
berlanjut dari tempat kunjungan berasal.
Laporan Corong Multi-Saluran menangani kunjungan langsung secara berbeda dengan laporan Google Analytics lainnya.
Persyaratan
Rasio Pentalan: Dapat didefinisikan sebagai satu interaksi
dengan situs web Anda yang diikuti oleh jalan keluar. Beberapa jenis
interaksi seperti peristiwa memungkinkan Anda untuk menentukan apakah
permintaan tersebut harus dipertimbangkan dalam penghitungan rasio pentalan.
Panjang Kunjungan: Durasi kunjungan default adalah 30 menit, tapi waktu durasi ini dapat dikurangi atau diperpanjang dengan menggunakan metode
_setSessionCookieTimeout
.Dengan dengan Cara Google Analitycs menghitung Kunjungan ke Blog ini semoga anda bisa mengetahui lebih jauh lagi tentang Kunjungan ke Blog
0 Response to "Cara Google Analitycs menghitung Kunjungan ke Blog"
Post a Comment