Perkembangan Teknologi Digital

Perkembangan Teknologi Digital


Seratus tahun lalu, tidak ada yang pernah menyangka bahwa ucapan seorang nabi tentang “Ada satu bangkai yang akan disaksikan seluruh dunia” bisa menjadi kenyataan. Mustahil hal ‘ajaib’ seperti itu bisa mewujud. Tapi sekarang? Apakah hal itu mustahil? Dengan adanya TV, HP, dan Internet, apapun yang terjadi di belahan dunia yang jaraknya ribuan bahkan ratusan ribu kilometer sekalipun dapat kita saksikan seketika di sini. Ada satu korban pembunuhan di ujung Amerika atau Afrika, dapat kita ketahui just within seconds. Teknologi informasi dibarengi teknologi digital memungkinkan apa yang masih tidak masuk akal beberapa tahun yang lalu, menjadi mungkin saat ini. Apa yang masih mustahil beberapa puluh tahun lalu menjadi really possible saat ini. Dan jangan heran, semakin hari perkembangan teknologi digital berkembang semakin pesat. Luar biasa cepat. Lantas, apakah kita mengamininya sebagai sesuatu yang membawa dampak positif atau justru sebaliknya, menenggelamkan kita secara negative, perlahan namun pasti?


Jawabannya tergantung. Ya, semuanya serba tergantung. Begini, sejak tahun 1980-an telah terjadi revolusi informasi secara besar-besaran. Bahkan di hampir semua bidang revolusi itu terus berlanjut. Sebut saja di bidang pertanian, industri, dan teknologi semakin memasrahkan dan menyerahkan diri pada kemampuan digitalisasi. Yang analog dijadikan digital. Yang sudah digital disuperdigitalkan. Pokoknya, menjadi lumrah dan adalah sebuah keniscayaan bahwa agar supaya dapat dikatakan maju serta tidak ketiganggalan jaman kita mesti membuka diri dan mau tidak mau menggunakan teknologi digital. Suka atau tidak suka, itulah faktanya. Namun sekarang ini banyak pihak justru memandang yang sebaliknya, mereka berangapan kemajuan teknologi digital berdampak negatif khususnya bagi para anak muda. Itu mesti dibatasi, dan kalau tidak sekarang kapan lagi kita mau membatasinya? Tidak sedikit yang katanya menggunakan teknologi digital untuk hal-hal yang tidak bermanfaat, main game secara berlebihan dan membuka situs-situs terlarang. Tidak boleh dibiarkan terus menerus. Jadi, apa kita sepakat menerima kemajuan teknologi digital, atau harus menolaknya?


Perkembangan digitalisasi besar-besaran saat ini mau tidak mau ‘memaksa’ para penggunanya untuk terus update, dan harus mengubah cara pandang dalam menjalani kehidupan yang semakin canggih dewasa ini. Sebuah teknologi yang telah dan akan terus-menerus membuat perubahan besar bagi seluruh dunia. Entahkah dalam kapasitasnya (media digital) sebagai alat dan sarana mempermudah segala urusan sampai kepada pembuat masalah karena disalahgunakan mereka yang tidak bertanggungjawab. Tapi pilihan selalu ada di tangan kita. Justru inilah kesempatan kita menggunakan berbagai media digital sebalai alat dan sarana meluruskan yang salah, dan membenarkan yang keliru. Supaya akan semakin banyak pengguna media digital menggunakan kemajuan teknologi ini sebaik mungkin, dan sepenuh-penuhnya untuk kebaikan diri sendiri juga banyak orang di sekitar. Bukan untuk penggunaan yang sebaliknya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perkembangan Teknologi Digital"

Post a Comment