Keterampilan Manajemen

Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa manajer memiliki beraneka ragam pekerjaan dan aktivitas yang kompleks. Dengan demikian, untuk menjalankan aktivitas-aktivitas tersebut dibutuhkan keterampillan-keterampilan tertentu.

Keterampilan-keterampilan seperti apa yang dibutuhkan seorang manajer untuk “melakukan” manajemen? Penelitian yang dilakukan oleh Robert L.Katz menyebutkan bahwa manajer membutuhkan empat keahlian atau keterampilan yang hakiki, yaitu Keterampilan Teknis, Administratif, Manusiawi, dan Konseptual. [1]Dia juga menyebutkan bahwa setiap keterampilan ini memiliki kepentingan relatif terhadap tingkatan manajemen dalam organisasi. Lihat Gambar 3.5 di bawah ini.
Keterampilan-Keterampilan Manajerial

Gambar 3.5 Keterampilan-Keterampilan Manajerial

1.      Keterampilan Konseptual (Conceptual Skills), merupakan kemampuan mental untuk mengkoordinasikan dan mengintegrasikan seluruh kepentingan dan kegiatan organisasi. Ini mencakup keahlian manajer untuk melihat secara holistik antara bagian yang saling bergantung, mendapatkan, menganalisa, dan menginterpretasikan seluruh informasi yang diterima dari bermacam-macam sumber. Semakin tinggi tingkatan manajemen, maka kemampuan ini sangat dibutuhkan.
2.      Keterampilan Manusiawi (Human Skills), merupakan kemampuan untuk bekerja dengan anggota, memahami, dan memotivasi orang lain, baik sebagai indvidu maupun kelompok. Manajer membutuhkan keterampilan ini untuk mendapatkan kecintaan dan partisipasi dari seluruh anggota organisasi.
3.      Keterampilan Administratif (Administrative Skills), merupakan kemampuan yang berkaitan dengan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan. Kemampuan ini harus dimiliki seorang manajer agar mampu mengikuti kebijaksanaan dan prosedur, mengelola dengan anggaran yang terbatas. Keterampilan ini merupakan perluasan dari keterampilan konseptual, dimana manajer melaksanakan keputusan melalui penggunaan keterampilan administratifnya.
4.      Keterampilan Teknis (Techinical Skills), merupakan kemampuan untuk menggunakan peralatan-peralatan, prosedur, teknik, atau metode dari suatu bidang tertentu, seperti akuntansi, produksi, penjualan, dan lain sebagainya.


[1] Robert Katz, Skills of and Effective Administrator, Hardvard Business Review, 52, no.5 (September – Oktober 1974), dan Henry Mintzberg, halaman 188 – 193.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Keterampilan Manajemen"

Post a Comment