Pengertian Rekruitmen dan Promosi

Pengertian rekruitmen 
Menurut Carrell, Kuzmitts, Elbert (1992, p120) Rekruitmen adalah proses memilih pelamar yang memenuhi kriteria untuk mengisi posisi yang kosong dalam suatu organisasi. Rekruitmen merupakan fungsi kritikal HR. yang membutuhkan analisis pasar tenaga keija (labor market), rencana jangka panjang (long term planning), interview dan test. 

Sedangkan Menurut Hasibuan (1997, p45) perekrutan adalah usaha mencari dan mempengaruhi tenaga kelja, agar mau melamar lowongan pekeljaan yang ada dalam suatu perusahaan 

Promosi 

Promosi menurut Edwin B. Flippo: 

A promotion involves a change from one job to another job that is better in terms status and responsibility. Ordinary the change to the higher job is accompanied by increased pay and privileges, but not always. (Promosi berarti perpindahan dari suatu jabatan ke jabatan lain yang mempunyai status dan tanggung jawab yang lebih tinggi. Biasanya perpindahan ke jabatan yang lebih tinggi ini disertai dengan peningkatan gaji/ upah lainnya, walaupun tidak selalu demikian). 

Menurut Andrew F. Sikula: 

Technically, a promotion is a movement within an organization from one position to another that involves either an increase in pay or an increase in status. (Secara teknik, promosi adalah suatu perpindahan di dalam suatu organisasi dari suatu posisi ke posisi lainnya yang melibatkan baik peningkatan upah maupun status). 

Kesimpulan dari definisi di atas, promosi berarti perpindahan dari satu jabatan ke jabatan yang lebih tinggi, wewenang dan tanggung jawab semakin besar, status serta pendapatanjuga semakin banyak. (Hasibuan, 1997, p12).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Rekruitmen dan Promosi"

Post a Comment