Pengertian Strategi Pemasaran Adalah

Menurut McCarthy dan Perreault (1996, p32) strategi pemasaran adalah "gambaran besar" yang memperlihatkan hal-hal yang akan dilakukan perusahaan dalam pasar tertentu. 

Ada dua bagian yang diperlukan: 

1. Pasar target, yaitu sekelompok konsumen yang agak homogen (serupa) yang akan  dihimbau perusahaan 

2. Bauran pemasaran, yaitu sejumlah variabel yang dapat dikendalikan yang digabungkan perusahaan untuk memenuhi kebutuhan kelompok target. 

Perencanaan strategi pemasaran berarti upaya menemukan peluang menarik dan penyusunan strategi pemasaran yang berlaba. Strategi pemasaran merincikan target dan bauran pemasaran (Marketing Mix) yang berkaitan. 

Strategi pemasaran itu terdiri dari campuran unsur-unsur yang disebut bauran  pemasaran (marketing mix) atau 4P yaitu Price, Promotion, Place, dan Product 

1. Produk (product) : Terdiri dari keragaman produk, kualitas, desain, ciri, merek, kemasan, ukuran, dan lain-lain 

2. Harga (price) : Terdiri dari daftar harga, potongan harga, periode pembayaran dan persyaratan kredit 

3. Promosi (promotion) : Terdiri dari promosi penjualan, periklanan, tenaga penjualan, kehumasan, dan pemasaran langsung 

4. Tempat (place) : Terdiri dari saluran pemasaran, cakupan pasar, pengelompokan, persediaan, dan transportasi

Subscribe to receive free email updates:

Related Posts :

  • Jenis Jenis PersedianJenis  Jenis PersedianMenurut R.Agus Sartono (2001:443) menerangkan  bahwa jenis persediaan yang ada dalam perusahaan akan tergant… Read More...
  • Macam-Macam PersediaanMacam – Macam PersediaanMenurut Zulian Yamit (2003:6), menerangkan bahwa macam persediaan dapat dikategorikan dalam satu atau lebih kategori… Read More...
  • Pengawasan Persediaana.      Cara - Cara PemesananMenurut Marihot Manullang dan Dearlina Sinaga (2005:53), menerangkan bahwa dalam usaha… Read More...
  • Biaya dalam PersediaanBiaya dalam PersediaanMenurut R. Agus Sartono (2001:446) menerangkan  bahwa terdapat tiga jenis yang berkaitan dengan persediaan yang h… Read More...
  • Manajemen PersediaanManajemen PersediaanPersediaan diperlukan untuk dapat melakukan proses produksi, penjualan secara lancar, persediaan bahan mentah dan barang… Read More...

0 Response to "Pengertian Strategi Pemasaran Adalah"

Post a Comment