Ekuitas Pemegang Saham

Fraser dan Ormiston yang diterjemahkan oleh Setyautama, S. (2004) mendefinisikan, “Ekuitas/Modal Pemegang Saham adalah sisa aktiva dikurangidengan kewajiban (passiva)” (h. 76). Ekuitas pemegang saham meliputi :

Saham    Biasa    (Common    Stock);    Winarno    dan    Ismaya    (2003) mendefinisikan,”Saham biasa adalah saham yang dimiliki oleh suatu badan usaha yang tidak mempunyai hak istimewa, misalnya untuk mendapatkan dividen dengan jumlah % yang ditetapkan, penentuan pengurus, dan atau sisa harta perusahaan bila perusahaan dilikuidasi (h. 106).

ModalSetoran Tambahan (Additional Paid-In Capital). Menurut Fraser dan Ormiston yang diterjemahkan oleh Setyautama, S. (2004), “Perkiraan ini menunjukkan  jumlah  dimana  harga  jual  perdana  saham  biasa  melebihi  harga nominal. Misalnya suatu perusahaan menjual 1000 lembar saham, harga nominal $1, perlembar, dijual $3 per lembar. Modal sahambiasa $1.000 dan modal tambahan $2000.

Laba Ditahan (Retained Earnings). Perkiraan ini adalah penjumlahan laba yang diperoleh perusahaan semenjak perusahaan didirikan, dikurangi dengan dividen tunai yang dibayar atau dividen saham.

Perkiraan Ekuitas Yang Lain, termasuk saham istimewa (preferred stock), laba komprehensif yang lain-lain, dan saham perbendaharaan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ekuitas Pemegang Saham"

Post a Comment