Manfaat Adanya Perencanaan

Sebuah organisasi akan memiliki manajemen yang baik diawali dengan proses perencanaan yang baik. Apabila tahapan perencanan diberikan perhatian lebih baik bagi seorang manajer, maka akan memperoleh manfaat-manfaat berikut:

[1]     Membantu para manajer untuk berorientasi ke masa depan
Para manajer akan dipaksa untuk memiliki pemikiran yang visioner (jangka panjang) dimana mampu melihat masalah-masalah dan peluang-peluang yang mungkin timbul dan yang akan dihadapi di masa mendatang.

[2]     Akan Meningkatkan koordinasi dalam pengambilan keputusan
Tidak akan ada keputusan yang dibuat untuk hari ini tanpa adanya pemikiran akan pengaruh keputusan tersebut terhadap keputusan yang akan diambil di kemudian hari. Sehingga mendukung manajer untuk selalu konsisten dengan keputusan yang telah diambil sebelumnya.

[3]     Perencanaan akan menekankan kepada tujuan organisasi
Dengan adanya perencanaan, maka manajer akan selalu ingat atau diingatkan mengenai tujuan organisasi yang harus dicapai.

Apabila proses perencanaan tidak dilakukan, maka akan timbul banyak kerugian dalam organisasi, salah satunya adalah banyak waktu yang terbuang untuk melakukan hal-hal yang tidak berhubungan dengan pencapaian tujuan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Adanya Perencanaan"

Post a Comment