Tujuan Laporan Keuangan adalah

Menurut IAI (2004), “Tujuan laporan keuangan adalah menyediakan informasi yang menyangkutposisi keuangan, kinerja, serta perubahan posisi keuangan suatu perusahaan   yang   bermanfaat   bagi   sejumlah   besar   pemakai   dalam   pengambilan keputusan ekonomi. Laporan keuangan yang disusun untuk tujuan ini memenuhi kebutuhan bersama sebagian besar pemakai. 

Namun demikian, laporan keuangan tidak menyediakan semua informasi yang mungkin dibutuhkan pemakai dalam pengambilan keputusan ekonomi karena secara umum menggambarkan pengaruh keuangan dari kejadian di masa lalu, dan tidak diwajibkan untuk menyediakan informasi nonkeuangan. Laporan keuangan juga menunjukkan apa yang telah dilakukan manajemen (stewardship),  atau  pertanggungjawaban  manajemen  atas  sumber  daya  yang dipercayakan kepadanya. Pemakai yang ingin menilai apa yang telah dilakukan atau pertanggungjawaban manajemen berbuat demikian agar mereka dapat membuat keputusan  ekonomi;  keputusan  ini  mungkin  mencakup,  misalnya,  keputusan  untuk menahan  atau  menjual  investasi  mereka  dalam  perusahaan  atau  keputusan  untuk mengangkat kembali atau mengganti manajemen” (h. 4).

Fraser dan Ormiston yang diterjemahkan oleh Setyautama, S. (2004) mendefinisikan, “Tujuan pemakai laporan keuangan adalah untuk mengetahuidan menafsirkan informasi untuk menjawab pertanyaan berikut:
-     Apakah investasi memberikan hasil yang menarik ?
-     Seberapa besar risiko dalam investasinya ?
-     Apakah perusahaan yang ada harus dibubarkan ?
-     Cukupkah arus kas untuk membayar bunga dan pokok pinjaman perusahaan ?
-     Apakah perusahaan memberikankesempatan kerja, perkembangan, dan keuntungan untuk karyawan 
-     Bagaimana daya saing dengan lingkungan ?
-     Apakah perusahaan punya prospek yang baik terhadap pelanggan ?

Laporan keuangandan data lain yang disajikanperusahaan dapat memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan di atas ” (h. 4 dan 5).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tujuan Laporan Keuangan adalah"

Post a Comment