Dasar Pemikiran Analisis Teknikal

Menurut Rahardjo(2006) , ”Salahsatu dasar pemikiran analisis teknikal di seluruh dunia adalahpola pemikiran CharlesHendry Dow, yang terkenal dengan konsep Dow Jones Industrial Average. Enam konsep dasar Dow Theory:

1.   AveragePrices Discount Everything

Setiap harga penutupan saham merupakan dasar tren harga saham rata- ratadi masa mendatang.
2.   The Market Moves In Trends

Pergerakan pasar ditentukan oleh indikasi kecenderungan pergerakan harga saham. Tren harga saham dibagi menjadi Primary Trend, Secondary Trend, danMinor Trend.
3.   Major Trend Have Three Phases

Setiap trend pasar yang utama selalu terdiri atas tiga fase, yaitu Fase 1 (Accumulation), Fase 2 (Up Trend), dan Fase 3 (Down Trend).

4.   AverageMust Confirm Each Other

Rata-rata pergerakan hargasaham akan memberikan indikasi arah harga saham secara pola tertentu; apakah akan naik atau turun.
5.   VolumeMust Confirm The Trend

Sinyal harga saham akan naik atau turun ditentukan oleh volume perdagangan. Data ini akan menunjukkan kecenderungan harga saham di masa mendatang(Price Trend).
6.   A Trend is Assumes To Be In Effect Until It Gives Define Signal

Analisis tren ini mengatakan bahwa tren akan dianggap benar kalau sudah  ada  sinyal  yang  terjadi.  Beberapa  alat  analisis  yang  dipakai adalah Support and Resistance Level, Trend Lines, serta Moving Averages.” (h. 151−152).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dasar Pemikiran Analisis Teknikal"

Post a Comment