Komponen Utama Catudaya

Catudaya
Hal yang paling penting dan harus diperhatikan dalam membuat suatu perangkat keras yaitu catudaya atau sumber tegangan untuk tiap - tiap perangkat yang akan digunakan. Penyearahan adalah proses menyearahkan arus bolak - balik menjadi arus searah, arus bolak balik-balik ini berasal dari tegangan jala-jala. Komponen utama yang diperlukan dalam penyearahan adalah transformator, dioda dan kapasitor elektrolit.

1 Penyearah Setengah Gelombang

Penyearah ini bekerja dengan menggunakan satu dioda, sehingga hanya pulsa positif  yang dapat terambil. Penyerah ini praktis sederhana, tetapi kekurangannya adalah bahwa gelombang keluaran bukan gelombang penuh sehingga rentan sekali akan ripple.

2 Penyearah Gelombang Penuh Sistem Jembatan

Penyearah ini menggunakan 4 buah dioda sebagai penyearah. Pada siklus pertama dua dioda bekerja untuk menyearahkan atau mengambil pulsa positif. Siklus selanjutnya dua dioda berikutnya yang bekerja untuk mengambil pulsa negatif. Keuntungan penyearah ini adalah bahwa keluaran berupa gelombang penuh dan jika salah satu dioda rusak, maka dioda yang satunya lagi akan tetap bekerja.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Komponen Utama Catudaya"

Post a Comment