Model Interval Replacement (Block Replacement)

Model Interval Replacement ini yaitu dimana penggantian komponen dilakukan pada interval waktu yang tetap (konstan) tanpa memperhatikan umur pakai dari komponen tersebut. Dalam model ini tindakan penggantian dilakukan pada suatu interval yang tetap, jadi model ini digunakan jika diinginkan adanya konsistensi terhadap interval penggantian yang telah ditentukan walaupun sebelumnya telah terjadi penggantian akibat kerusakan. Pada model ini sekalipun ongkosnya lebih tinggi tetapi cocok untuk sistem multi komponen lain. Model ini dapat menjamin semua komponen dalam sistem akan diganti sebelum masa potensi kritis rusaknya Mean Time to Failure (MTTF), keuntungan lain dari model Interval Replacement ini adalah penjadwalannya yang lebih sederhana, karena penentuan waktu perawatannya hanya dilakukan satu kali saja dan tetap.

Adapun prosedur dari model ini adalah:
§  Strategi model ini adalah melakukan penggantian keruskan yang terjadi dalam interval (0, tp) dengan mengabaikan frekuensi penggantian pencegahan setiap selang waktu tpsekali secara konstan dengan mengabaikan umur komponen, sehingga pada model ini akan terdapat kemungkinan terjadinya penggatian kompoenen yang masih baru dipasang. Setelah penggantian kerusakan harus mengalami penggantian lagi saat tiba waktu penggantian pencegahan yang dilakukan dalam kurun waktu yang relatif berdekatan.

Pada model Interval Replacement penggantian komponen selalu dilakukan pada interval waktu yang tetap (tp) tanpa memperhatikan umur pakai dari komponen tersebut. Jadi kita sama sekali tidak memperhatikan frekuensi penggantian komponen yang disebabkan oleh kerusakan selam interval (tp)tersebut, yang kita perhatikan hanya mealkukan penggantian pencegahan (Preventive) setiap interval waktu (tp) yang telah ditetapkan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Model Interval Replacement (Block Replacement)"

Post a Comment