Pengertian Manajer Adalah

Siapakah Manajer Itu?

Seorang manajer adalah seorang anggota organisasi yang mengawasi, mengarahkan, memadukan, dan mengkoordinasikan pekerjaan-pekerjaan anggota organisasi yang lain. Hal ini dapat berarti bahwa manajer memiliki suatu tanggung jawab langsung atas sekelompok orang dalam suatu departemen.

Ada cara tertentu untuk menggolong-golongkan para manajer dalam sebuah organisasi khususnya organisasi yang memiliki penataan kerja dan struktur karyawan. Biasanya struktur itu dibuat dalam bentuk piramida yang terdiri dari manajer lini pertama, menengah, dan manajer puncak yang merupakan tingkatan keorganisasian. Lihat gambar di bawah ini.
Gambar 3.2  Tingkatan Organisasi

Gambar 3.2  Tingkatan Organisasi

Manajer Lini Pertama adalah manajemen tingkat paling rendah dan seringkali disebut dengan penyelia. Dalam sebuah pabrik, manajer lini pertama disebut supervisor (mandor) atau dalam regu olahraga, pelatih merupakan manajer lini pertama. Manajer ini memiliki tanggung jawab untuk memimpin dan mengawasi tenaga-tenaga operasional.

Manajer Menengah mencakup semua tingkat manajemen antara tingkat penyelia dan tingkat puncak pada organisasi tersebut. Mereka itu dapat menyandang nama seperti: kepala bagian, kepala unit, wakil ketua, manajer divisi.

Manajer Puncak merupakan posisi teratas dalam sebuah organisasi yang bertanggung jawab atas pengambilan keputusan seluruh organisasi dan menetapkan kebijakan dan strategi yang mencakup seluruh organisasi itu. Orang-orang secara lazimnya menyebut manajer puncak sebagai General Manajer, Presiden Direktur, CEO (Chief Executive Officer).

Perbedaan tingkatan manajemen akan membedakan pula fungsi-fungsi manajemen yang dilaksanakan. Terdapat dua (2) fungsi manajemen, yaitu manajemen administratif dan manajemen operatif.

Manajemen administratif merupakan fungsi manajemen yang berurusan dengan penetapan tujuan, kemudian perencanaan, penyusunan kepegawaian, dan pengawasan kegiatan yang terorganisir untuk mencapai tujuan tertentu.

Sedangkan Manajemen Operatif merupakan fungsi manajemen yang terlibat dalam kegiatan memotivasi, mengawasi, melakukan komunikasi dengan para karyawan untuk mengarahkan mereka agar mencapai hasil yang efektif.

Pada tingkatan manajemen rendah (first line), para manajer lebih banyak melaksanakan fungsi manajemen operatif. Semakin tinggi tingkatannya, maka mereka lebih terlibat dengan fungsi manajemen administratif.
Perbedaan Fungsi Manajemen Terhadap Tingkatan Manajemen

Gambar 3.3 Perbedaan Fungsi Manajemen Terhadap Tingkatan Manajemen

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Manajer Adalah"

Post a Comment