Pengertian Organisasi Adalah

Para manajer bekerja dalam sebuah organisasi. Jika tidak ada organisasi, maka tidak diperlukan manajer. Yang menjadi pertanyaan adalah apakah sebuah organisasi itu?

“Organisasi” adalah pengaturan orang-orang secara sengaja untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Perguruan tinggi atau lembaga pendidikan merupakan satu bentuk organisasi. Setiap organisasi memiliki karakteristik (lihat Gambar 3.1), yaitu:

1. Tujuan, merupakan suatu pernyataan mengenai sasaran, visi, dan program-program yang ingin dilakukan oleh organisasi.

2. Manusia/Resources, merupakan sumber daya yang menjalankan serangkaian sasaran yang telah disusun. Sehingga organisasi terdiri dari manusia-manusia, jika hanya bekerja sendiri maka itu bukanlah organisasi.

3. Struktur Organisasi, merupakan suatu struktur yang sengaja dibentuk untuk memberikan batasan antara hak dan kewajiban bagi setiap resources yang ada sehingga akan memudahkan terjalinnya hubungan kerja yang disertai dengan aturan-aturan.

Gambar 3.1 Karakteristik Organisasi


Gambar 3.1 Karakteristik Organisasi

Dengan mengetahui karakteristik organisasi, maka pendek kata dapat juga diartikan bahwa organisasi adalah suatu badan yang memiliki maksud tertentu, memiliki anggota-anggota, dan memiliki suatu jenis struktur tertentu yang disengaja.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Organisasi Adalah"

Post a Comment