Prinsip dan Peran Pengorganisasian

Peran Pengorganisasian

Fungsi pengorganisasian memiliki peranan yang sangat penting dalam sistem manajemen, dikarenakan proses pengorganisasian merupakan mekanisme utama yang dipergunakan oleh para manajer untuk menggerakkan rencana yang telah disusun. 

Pengorganisasian yang baik akan mampu menciptakan dan memelihara hubungan di antara semua sumber daya organisasi dengan menunjukkan sumber daya mana yang harus digunakan untuk suatu aktivitas tertentu, kapan digunakan, di mana, serta bagaimana cara menggunakannya. Upaya pengorganisasian yang tersusun dengan baik akan menghindarkan manajer dari penduplikasian kegiatan dan sumber daya yang menganggur.

Prinsip-prinsip Pengorganisasian

Organisasi merupakan wadah di mana berlangsung proses-proses pengorganisasian sumber daya-sumber daya organisasi. Untuk itu diperlukan suatu prinsip yang akan melandasi kegiatan-kegiatan pengorganiasasian dalam sistem manajemen. Prinsip-prinsip tersebut adalah :

Kekuasaan dan Tanggung Jawab 
Kekuasaan selalu terkait dan diikuti oleh tanggung jawab. 

Disiplin 
Disiplin adalah rasa hormat pada aneka kesepakatan yang mungkin berbentuk kepatuhan, kerja keras serta pengorbanan. Tumbuhnya disiplin diperlukan pemimpin yang baik dalam semua tingkatan. 

Kesatuan Perintah 
Setiap orang dalam organisasi hanya menerima perintah dari satu orang atasan saja. 

Keterpaduan Arah 
Setiap kelompok aktivitas yang memiliki tujuan yang sama harus memiliki seorang pimpinan dan rencana. 

Subordinasi Kepentingan 
Subordinasi kepentingan pribadi pada kepentingan organisasi. 

Remunerasi 
Remunerasi dan cara pembayaran harus adil dan memberikan kepuasan kepada semua pihak baik karyawan maupun atasan atau pimpinan. 

Sentralisasi 
Tingkat pemusatan atau penyebaran kekuasaan. 

Rantai Kekuasaan 
Rantai kekuasaan dimulai dari tingkat tertinggi sampai dengan tingkat terendah harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kalau memungkinkan lebih baik dipersingkat.

Keteraturan 
Keteraturan yang diatur dalam aturan main organisasi, dimaksudkan agar setiap orang punya tugas dan tanggung jawab, serta hak masing yang mendukung tercapainya tujuan organisasi. 

Keadilan 
Aturan main dan pelaksanaannya, dimana peranan pemimpin menjadi penting, dibuat seadil mungkin, sehingga akan membangkitkan pengabdian dan kesetiaan para karyawan. 

Stabilitas Hubungan Kerja 
Manajemen yang baik, akan meminimalisasikan terjadinya keluar-masuknya karyawan “turn over” pada tingkat yang wajar sehingga tidak terlalu mengganggu kinerja organisasi. 

Inisiatif 
Inisiatif dikaitkan dengan proses untuk memikirkan serta melaksanakan rencana. Organisasi harus mendorong anggota organisasi untuk berinisiatif, agar mereka menjadi puas. 

“Team Work” 
Kerjasama Tim, adalah sangat penting bagi organisasi dimana komunikasi perlu dikembangkan untuk membentuk team work.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Prinsip dan Peran Pengorganisasian"

Post a Comment