Biaya dalam Persediaan

Biaya dalam Persediaan
Menurut R. Agus Sartono (2001:446) menerangkan  bahwa terdapat tiga jenis yang berkaitan dengan persediaan yang harus dipertimbangkan dalam menetukan persediaan yang optimal. Ketiga jenis biaya itu yaitu:

a.       Biaya Pesan (Ordering Costs)

Adalah semua biaya yang timbul sebagai akibat pemesanan. Biaya itu meliputi biaya sejak dilakukan pemesan hingga pesanan itu sampai di gudang, biaya tersebut seperti biaya persiapan, penerimaan, penecekan, penimbangan dan biaya lainnya hingga persediaan siap untuk diproses.

b.      Biaya Simpan (Carrying Costs)

Mencakup semua biaya yang dikeluarkan untuk menyimpan persediaan selama periode tertentu. Komponen biaya simpan adalah storage costs yang termasuk sewa gudang, biaya keusangan yakni penurunan nilai persediaan termasuk keusangan teknologi, juga penurunan karena perubahan bentuk fisik persediaan itu sendiri asuransi baik asuransi kebakaran maupun asuransi kehilangan, pajak, biaya dana yang diinvestasikan pada persediaan.

c.       Biaya Kehabisan Bahan (Stockout Costs)
Biaya Kehabisan Bahan, timbul pada saat perusahaan tidak dapat memenuhi permintaan karena persediaan yang tidak cukup. Biaya kehabisan bahan ini meliputi biaya pesan secara cepat atau khusus dan biaya produksi karena adanya operasi ekstra.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Biaya dalam Persediaan"

Post a Comment