Jenis Jenis Persediaan adalah

Persediaan dalam perusahaan menurut Assauri (2000),dapat dibedakan menurut beberapa cara berdasarkan jenis dan posisi barang di dalam urutan pengerjaan produk sebagai berikut :

1.   Persediaanbahan baku (raw materials)
Yaitu persediaan barang yang berwujudyang digunakan dalam proses produksi. Bahan mentah dapat diperoleh dari sumber sumber alam atau dibeli dari pemasok danatau dibuat sendirioleh perusahaan untukdigunakan dalam proses  produksi selanjutnya.

2.   Persediaankomponen – komponen rakitan(purchased parts or components stock) 
Yaitu persediaan barang – barangyang terdiri dari komponen – komponen yang diperoleh  dari  perusahaan  lain, yang  dapat  secara  langsung  dirakit  dengan komponen lain tanpa melalui proses produksi sebelumnya.

3.   Persediaanbahan pembantu atau penolong (suppliesstock)
Yaitu persediaan barang barang atau bahan bahan yang diperlukan dalam proses produksi untuk membantu berhasilnya produksi atau yang dipergunakan dalam bekerjanya suatu  perusahaan,  tetapi  tidak  merupakan  bagian  atau komponen barang jadi.

4.   Persediaanbarang dalam proses (work in process or progress stock)
Yaitu persediaan barang barang yang merupakan keluaran dari tiap tiap bagian dalam satu pabrik atau bahan yang telah diolah menjadi suatu bentuk, tetapi lebih perlu diproses kembali untuk kemudian menjadi barangjadi.

5.   Persediaanbarang jadi (finishedgoods)
Yaitu persediaan barang barangyang telah selesai diprosesatau diolah dalam pabrik dan siap untuk dijual maupun dikirimkepada pelanggan – pelanggan ataupun perusahaan lain (h.171).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis Jenis Persediaan adalah"

Post a Comment