Pencatatan Dan Metode Penilaian Persediaa

Mengacu pada pendapat Horngren,Harrison dan Bamber (2002), bahwa ada dua sistem pencatatan persediaan, yaitu:
1.   Sistem persediaan perpetual(perpetual inventory system)
Dalam sistem ini, perusahaan mencatat setiap mutasi yang terjadipada persediaan, sehingga akun persediaan selalu mencerminkan nilai sisa  persediaan perusahaan yang paling akhir.
2.   Sistem persediaan periodik(periodic inventory system)
Menurut sistem ini perusahaan tidak  mencatat seluruhmutasi  yang  terjadi  dalam akun persediaan. Akibatnya pada akhir periode,perusahaan harus mengadakan penghitungan secara fisik untuk mengetahui jumlah barang yang dimiliki, yang kemudian dikalikandengan per unit biaya untuk mendapatkan biaya persediaan di akhir periode.

Selanjutnya,  terdapat  empat  metode biaya  yang  dapat  digunakan  dalam menentukan nilai persediaan yang ada, yaitu :
1.   Metode harga pokok spesifik atau specificunit cost
Metode  ini  disebut  juga  metode  identifikasi  spesifik  (spesific  indentification method). Metode harga pokok spesifik ini didasarkan atas penilaianpersediaan yang dipergunakan untuk menilai biaya dari suatu persediaan yang secara spesifikdapat kita identifikasikan.
2.   Metode rata – rata tertimbang atau weightedaverage cost
Metode  penilaian  persediaan  yang  didasarkan  pada  harga  pokok  rata   rata persediaan  dalam  suatu  periode  tertentu.  Harga  pokok  rata   rata  tertimbang diperoleh dengan membagi harga pokok barang yang dapat dijual dengan jumlah barang yang dapat dijual. Metode ini seringjuga disebut dengan metode rata – rata.
3.   Metode masuk pertama keluar pertama (MPKP) atau first in first out (FIFO) cost Metodeuntuk memperkirakan persediaan, dimana harga pokok dari barang yang pertama  kali  masuk  yang  akan  dibebankan  pertama  kali  sebagai  harga  pokok penjualan. Persediaan akhir dinilai berdasarkan biaya dari pembelianyang dilakukan paling akhir.
4.   Metode masuk terakhir keluarpertama (MTKP) atau last in first out(LIFO) cost Metode penilaian persediaan, dimana biaya persediaan yang paling akhiradalah yang   pertama   kali   dibebankan  sebagai  harga   pokok   penjualan.  Metode  ini mengakibatkan biaya  persediaan akhir dinilai berdasarkan harga beli persediaan yang paling awal.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pencatatan Dan Metode Penilaian Persediaa"

Post a Comment