Karakteristik Data Warehouse

1 Subject Oriented 
Data warehouse disusun berdasarkan subyek-subyek dalam organisasi perusahaan, misalnya pelanggan (customer), gudang (inventory), pasar (market), bukan berorientasi pada proses atau fungsi aplikasi tertentu, subyek-subyek tersebut dikelompokan sehingga pemakai informasi mempunyai kemampuan untuk melihat data sesuai dengan subyek yang dibutubkan. 

2 Integrated 
Data diintegrasikan untuk memenuhi berbagai kebutuhan informasi dalam organisasi. Integrasi data warehouse ditunjukkan dengan berbagai cara seperti konsisten dalam penamaan variabel, konsisten dalam penentuan ukuran variabel, konsisten dalam penentuan tipe variabel. 

3 Nonvolatile 
Artinya data tidak dapat diubah. Data pada lingkungan operasional akan sering diubah untuk menjaga keakuratan data yang disajikan Dalam database Iingkungan operasional dapat dilakukan perubahan, mengnhapus, dan penambahan data yang mengubah isi database. Kegiatan manipulasi data dalam data warehouse hanya loading dan access data, pengguna tidak dapat melakukan perubahan pada data warehouse. 

4 Time Variant 
Data yang terdapat dalam data warehouse akurat pada saat data itu disimpan. Sedangkan pada Iingkungan operasional, data tersebut akurat waktu diakses. Semua data dalam data warehouse akurat dalam periode waktu tertentu, maka dikatakan memiliki perbedaan waktu atau rentang waktu (time variance). Jadi data warehouse memiliki tempat untuk penyimpanan data 5 tahun atau 10 tahun yang Ialu atau lebih tua yang nantinya digrmakan untuk perbandingan, trend dan forcasting. Data ini tidak diupdate (Inmon&Hackathom, 1994, p2).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Karakteristik Data Warehouse"

Post a Comment