Penjualan merupakan sumber pendapatan utama dari perusahaan dimana hasil penjualan yang diperoleh adalah untuk membiayai kelangsungan hidup operasional perusahaan.
Mulyadi (2001) mendefinisikan, “penjualan adalah rangkaiantransaksi penjualan barang atau jasa baik secara kredit maupun secara tunai. Penjualan merupakan proses berpindah suatu hak atas barangatau jasa untuk mendapatkan sumber daya lainnyaseperti kas atau janji untuk membayar atau piutang.” (h.202)
Mengacu pada pendapat Mulyadi dan Puradiredja (1998) mengenai definisi pengendalian intern maka diperlukansuatu pengendalian intern atas penjualan dalam suatu perusahaan.
Secara umum penjualanada 2, yaitu:
1. Penjualan Tunai
Merupakan penyerahan barang atau jasa kepada pembeli dimana pembayaran dari pembeli langsung diterima saat itu juga.
2. Penjualan Kredit
Merupakan penyerahan barang dan jasa kepada pembeli dimana pembeli menangguhkan pembayaran untuk jangka waktu tertentu sesuai dengan perjanjian yang disepakati bersama.
Secara umum tujuan pengendalian intern atas penjualanadalah:
1. Untuk menilai kegiatan penjualanapakah telah sesuai dengankebijakan yang telah ditetapkan perusahaan, antara lain:
a. Semua pesananyang diterima dari pelangandapat diselesaikan pada waktu yang telahdisepakati.
b. Syarat pembayaran dan penyerahan sudah disetujui pada saat order penjualan ditandatangani.
c. Semua faktur penjualantelah dibuat, dicatat dengan benar dalam perkiraan penjualan dan piutangatau kas atau bank.
d. Semua retur penjualan yang terjadi telah disetujui oleh pejabat yang berwenang.
e. Semua potonganharga yang diberikantelah disetujui oleh pejabat yang berwenang.
f. Adanya pemisahan fungsi antarabagian-bagian yang menangani transaksi penjualan tersebut.
g. Pengeluaran dan pengiriman barang dari gudang telah dilaksanakan sesuaidengan prosedur yang berlaku.
2. Untuk mendeteksi adanya kelemahan dan penyimpangan dalam kegiatan penjualan serta mencari upaya penanggulangannya.
3. Untuk mengevaluasi efektifitas fungsi penjualan dibandingkan dengan standar sasaran serta mencari alternatif dalam usaha meningkatkan efektifitas penjualan.
4. Untuk mengembangkan rekomendasi bagi penanggulangan kelemahan dan upaya peningkatan perusahaan.
Prinsip-prinsip pengendalian intern yang memadai atas penjualan tunai harus meliputi:
1. Adanya pemisahan fungsi antara petugas yang menerima order penjualan, menerima pembayaran dan melakukan pencatatanatas transaksi penjualan tunai.
2. Pesanan yang diterima dari pelanggan haruslah diotorisasi oleh fungsi penjualan dengan menggunakan formulirfaktur penjualan tunai.
3. Pengiriman barang kepada pelanggan diotorisasi oleh bagian pengiriman dengan cara menandatangani dan membubuhkan cap “sudah dikirim” pada salinansurat order pengiriman.
4. Jumlah penjualan menurut faktur penjualan setiap hari harus sama denganjumlah penerimaan kas.
5. Uangkas yang diterima dari hasil penjualan tunai harus diotorisasi oleh bagian kasir denganmembubuhkan cap lunaspada faktur penjualan.
6. Pencatatan transaksi penjualan tersebut harus diotorisasi oleh bagian akuntansi dengan cara memberikan tanda pada faktur yang telah dibukukan.
7. Formulir-formulir yang digunakan dalam penjualantunai seperti faktur penjualan tunai, surat pesananpenjualan dan lain-laindiberi nomor urut tercetak.
8. Adanya suatu daftar harga yang resmi dari perusahaan sehingga semua penjualan yang dilaksanakan dengan harga yang wajar sesuaidengan daftar yang telahada.
0 Response to "Pengendalian Intern atas Fungsi Penjualan"
Post a Comment