Pengertian Audit Operasional

Arens dan Lobbecke yang diterjemahkan oleh Jusuf, A. A. (2003) mendefinisikan, “Audit operasional adalah penelaahan atas bagian manapun dari prosedur dan metode operasi suatu organisasi untuk menilai efisiensi dan efektifitas.” (h.4)
Menurut Agoes, S. (2004) menjelaskan, “Manajemen audit, disebutjuga operasional audit.Sistem audit adalahsuatu pemeriksaanterhadap kegiatanoperasi suatu perusahaan, termasuk kebijakan akuntingdan kebijakan operasional yang telah ditentukan oleh manajemen, untuk mengetahui apakah kegiatan operasi tersebut sudah dilakukan secara efektif, efisiendan ekonomis.” (h.173)
Menurut The Institute of Internal Auditors (IIA) yang dikutipoleh Boynton, W.C., & Kell, W.G. (2001) menyatakan audit operasional sebagaiberikut:
“Operational  auditing is a sistematis process of evaluating an organization’s effectiveness, efficiency, and economy of operation under management’s control and reporting to appropriate personsthe results of theevaluastion along with recommendations for improvement”. (p.846)
Arti dari definisi diatas adalah, “Audit operasional adalah suatu proses yang sistematis untuk menentukanefisiensi, efektifitas, dan penghematan suatu kegiatan dalam organisasi dibawahpengawasan manajemen dan melaporkan pada orang- orang yang membutuhkan hasil-hasil dari evaluasitersebut disertaisaran-saran untuk perbaikan.”
Tunggal, A.A. (2001) mendefinisikan, “ Audit operasional merupakan audit atas  operasi  yang  dilaksanakan dari  sudut  pandang manajemen untuk  menilai ekonomi, efisiensi, dan efektifitas dari setiap dan seluruhoperasi, terbatas hanya pada keinginan manajemen.” (h.1)
Jung, D. (2002) mendefinisikan, Manajemen audit adalah suatu audit untuk menilai efisiensi dan efektifitas organisasi. Audit manajemen dapatmerancang untuk menilai kemampuan perusahaan secara keseluruhan atau membatasi ruang lingkupnya pada suatu fungsiatau departemen tertentu dalam suatu organisasi.” (h.2)
Menurut Agoes, S. (2001),“Pengertian efektifitas, efisiensi, dan ekonomis adalah sebagai berikut:
1. Efektifitas maksudnya adalahbahwa produk akhir suatu kegiatanoperasi telah  mencapai  tujuannya,  baik  ditinjau  dari  segi  kualitas  hasil  kerja, kuantitas hasil kerja maupun targetbatas waktu.
2. Efisiensi   berarti   bertindak   denga cara   yang   dapat   meminimalkan pemborosan sumber daya dalam melaksanakan suatu kegiatan operasi perusahaan maupun dalam menghasilkan suatuproduk atau jasa.
3. Ekonomis  berarti  kesatuan  ekonomi  dapat  mengelola  dan  memanfaatkan segala kekayaan perusahaan secara baik, sehingga tidak terjadi suatu pemborosan.” (h.180)
Dari  definisi-definisi  diatas  dapat  disimpulkan  bahwa  audit  operasional adalah suatu analisa yang objektif,sistematis, teraturdan terorientasi ke masa depan atas kegiatan-kegiatan dari semua tingkat manajemen dalam meningkatkan efektifitas dan efisiensi suatu unit atau fungsi dalam perusahaanmelalui pelaporan kesimpulan audit dan pemberian rekomendasi untuk perbaikan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Audit Operasional"

Post a Comment