Pengklasifikasian Efek Kerusakan Sepeda Motor

Tujuan dari pengklasifikasian efek kerusakan dapat dibagi menjadi 4 jenis kerusakan, yaitu:
a.       Akibat Kecelakaan: Sebuah kerusakan yang dapat mengakibatkan hilangnya sebuah kehidupan pribadi dan kerugian terhadap suatu sistem yang lengkap.
b.      Kritis: Kerusakan yang berpotensial menyebabkan kerugian yang serius dan sistem kerusakan yang signifikan dan kehilangan dari sistem fungsional.
c.       Marginal: Kerusakan yang bisa menyebabkan kerugian personil, sistem kerusakan dan degradasi sistem fungsional.
d.      Minor: Kerusakan yang tidak cukup menyebabkan kerugian secara personil atau sistem, tetapi menghasilkan kebutuhan terhadap beberapa pemeliharaan korektif.


Tingkat Keburukan Jenis Kerusakan, Frekuensi dan Deteksi Probabilitas
Sumber: Benjamin S. Blanchard , 1994

a. Efek Buruk
Tingkat
Minor/ Sangat rendah; Tidak Memberikan alasan bahwa harapan terhadap alam sebagai pelengkap ini mempunyai banyak efek pada sistem performansi. Pelanggan mungkin saja tidak menerima kegagalan.
1

2
Low/ Rendah; Tingkat keburukan rendah untuk penyebab kerusakan alam, hanya melalaikan ganguan pelanggan. Pelanggan mungkin hanya sedikit melihat keburukan pada sistem performansi.
3

4
Moderate/ Sedang; Penyebab kerusakan adalah ketidak puasan pelanggan. Pelanggan membuat ketidak nyamanan/ gangguan terhadap kerusakan pelanggan akan melihat keburukan pada sub-sistem performansi.
5

6
High/ Tinggi; Tinggi berarti ketidakpuasaan pelanggan terhadap kerusakan seperti sistem yang tidak bisa dioperasikan, bagaimana tidak, keamanan sistem dilanggar atau gagal memenuhi sesuatu sesuai dengan peraturan pemerintah.
7

8
Very high/ Sangat tinggi; Tingkat keburukan ketika jenis kerusakan yang potensial mempengaruhi keamanan fungsi sistem atau penyebab kegagalan memenuhi sesuatu sesuai peraturan pemerintah
9

10
b. Frekuensi Kejadian Jenis Kegagalan
Tingkat
Probabilitas Kerusakan
Remote/ Sangat rendah; Kerusakan yang tidak disukai
1
<1 in 106
Low/ Rendah; Sedikit kerusakan yang relatif
2
3
1 in 20.000
1 in 4.000
Moderate/ Sedang; Kerusakan sesekali
4
5
6
1 in 1.000
1 in 400
1 in 80
High/ Tinggi; Kerusakan berulang
7
8
1 in 40
1 in 20
Very high/ Sangat tinggi; Kerusakan yang hampir tidak bisa diacuhkan/ dibiarkan
9
10
1 in 8
1 in 2
c. Deteksi Probabilitas
Tingkat
Very high/ Sangat tinggi; Perancangan verifikasi atau arus proses pengendalian hampir mendeteksi jenis kerusakan yang potensial secara pasti
1
2
High/ Tinggi; DV atau PCs sekarang mempunyai kesempatan yang baik untuk mendeteksi jenis kerusakan yang potensial
3
4
Moderate/ Sedang; DV atau PCs sekarang dapat mendeteksi jenis kerusakan yang potensial.
5
6
Low/ Rendah; DV atau PCs sekarang tidak menyukai/ memilih jenis kerusakan yang potensial.
7
8
Very low; DV atau PCs sekarang mungkin tidak akan mendeteksi Jenis Kerusakan yang Potensial.
9
Absolute certainty of nondetection; Kepastian bukan pendeteksi yang mutlak DV atau PCs sekarang tidak bisa mendeteksi jenis kerusakan yang potensial.
10

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengklasifikasian Efek Kerusakan Sepeda Motor"

Post a Comment