Plan-Do-Check-Action (PDCA)

Salah satu model yang banyak digunakan dalam proses perbaikan/peningkatan proses dan produk adalahDeming Cycle atau Plan-Do-Check-Action (PDCA) yang dirumuskan oleh W. Edwards Deming. Siklus ini menjabarkan empat langkah terkait dalam process improvement:

    Plan. Pada langkah ini, dilakukan pemeriksaandan penilaian atas kinerja saat ini.
Dari hasil pemeriksaan ini dibuat suatu analisis atas permasalahan yang mungkin ada dan dicoba untuk menentukanakar permasalahannya. Berangkat dari analisis ini, dicari suatu kemungkinan solusi dan dibuatlah rencana untuk menerapkan solusi ini untuk mengatasipermasalahan yang ada.

    Do. Pada langkahini, rencana solusi yang sudah dirumuskan dalam langkahPlan mulai digulirkan. Umumnya langkah ini mula-muladilakukan dalam skala kecil dalam keseluruhan organisasi/proyek (berfungsi sebagai pilot project) sebelum kemudian mungkin dikembangkan ke keseluruhan organisasi/proyek.

    Check.  Dari  dijalankannya  rencana  tadi,  dilakukan  perbandingan  terhadap hasilnya dan apa yang sebenarnya diharapkan. Jika terdapat perbedaanantara hasil sesungguhnya dan rencana awal, periksalah apa yang menyebabkan adanya perbedaan tersebut.

    Act. Dengan berdasarkan hasil pengujian dan evaluasinya, perbaiki rencana awal tadiuntuk semakin mempertajam solusi yang ditawarkan. Rencana ini dapat dijadikan sebagai guidelines permanen jika memang memberikan hasil yang baik dan dapat diaplikasikan secara lebih luas lagi (melebihi jangkauan awal pilot project).

Siklus PDCA merupakansiklus rekursif, sehinggadapat disebut sebagaicontinuous improvement.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Plan-Do-Check-Action (PDCA)"

Post a Comment