Proses Pengorganisasian

Proses pengorganisasian sebagaimana yang terlihat pada Gambar 5.1 di bawah ini terdiri dari lima (5) langkah yang terjadi secara terus-menerus (berkelanjutan) dimana dalam pelaksanaan proses tersebut perlu dilakukan penyesuaian untuk mempertahankan dan meningkatkan efektivitas organisasi.

Tahapan pengorganisasian adalah sebagai berikut:

1. Merefleksikan rencana dan tujuan

2. Menetapkan tugas-tugas utama, yaitu merinci seluruh pekerjaan yang harus dilaksanakan organisasi agar sesuai dengan visi dan misinya.

3. Membagi tugas-tugas utama, dimana membagi beban kerja utama ke dalam aktivitas-aktivitas yang secara logis dan dapat memadai untuk dilakukan oleh seseorang atau dalam suatu tim.

4. Mengalokasikan sumber daya dan arahan untuk tugas-tugas, dimana pada tahapan ini dalam mengkombinasikan antar pekerjaan secara logis dan efesien serta menetapkan suatu mekanismen untuk mengorganisasikan antar pekerjaan.

5. Mengevaluasi hasil-hasil dari strategi pengorganisasian yang telah dilaksanakan.

Gambar 5.1 Proses Pengorganisasian
Gambar  Proses Pengorganisasian

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Proses Pengorganisasian"

Post a Comment