Pengertian Biometric Adalah



Biometric merupakan penggunan dari karateristik biologis ( wajah, iris mata, sidik jari ) ataupun kebiasaan ( tanda tangan, suara ) yang digunakan untuk mengidentifikasi seseorang. Menurut DR.R. Foka (2003, p4), biometric merupakan metode otomatisasi untuk mengenal seseorang berdasarkan karakteristik fisik seperti iris mata, sidik jari atau kebiasaan seperti tanda tangan atau suara. Setiap manusia mempunyai karakteristik fisik maupun kebiasaan tertentu yang dapat dibedakan dengan manusia lainnya. Biometric menyimpan karakteristik tersebut sehingga dapat digunakan sebagai tanda pengenal bagi suatu sistem. Karakteristik yang digunakan dalam biometric sangat sulit untuk dicuri, ditiru atau ditebak. Seseorang mungkin akan melupakan password nya, tetapi tidak mungkin melupakan ciri-ciri biometricnya.




Pada umumnya biometrics fisik meliputi sidik jari, ukuran telapak tangan, pengenalan iris mata atau karakteristik wajah. Sedangkan behavioral biometrics ( kebiasaan ) meliputi tanda tangan, suara atau pengenalan langkah dan tingkah laku unik suatu user lainnya.














Menurut Tricia Olsson(2003,p3), tipe-tipe biometric pada umumnya meliputi:




•  Sidik jari, mengenali pola yang terdapat pada ujung jari meliputi lokasi dan arah garis pada sidik jari




•  Ukuran  (geometri)  tangan,  menganalisis  dan  mengukur  bentuk  tangan termasuk panjang dan lebar tulang serta hubungan tangan dan jari




•  Iris, Menganalisis bentuk karakteristik iris mata




•  Wajah, menganalisis dan mengukur karakteristik wajah seperti posisi dan bentuk hidung serta posisi tulang dagu




•  Suara, pengenalan pola suara yang meliputi frekwensi, durasi, dan irama.




•  Tanda tangan, fitur tanda tangan meliputi fitur ekstraksi seperti kecepatan dan tekanan dalam menghasilkan karakteristik yang unik









Tanda tangan adalah behavioral biometric, tidak menggunakan karakteristik fisik seperti sidik jari atau karakteristik wajah, tetapi menggunakan kebiasaan. Tanda tangan seseorang mungkin dapat berbeda kapan saja, dan tidak seunik atau sesulit dipalsukan seperti sidik jari atau iris mata, tetapi tanda tangan telah diterima oleh masyarakat luas sebagai sesuatu yang umum, membuat tanda tangan menjadi cocok untuk digunakan dalam aplikasi yang memerlukan tingkat autentikasi yang lebih umum.


Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Pengertian Biometric Adalah"