Pengertian Struktur Organisasi

Struktur Organisasi

Pada setiap usaha pengorganisasian, manajer harus memilih struktur organisasi yang layak. Struktur organisasi menurut David Wilson dan Robert Rosenfeld adalah “pola hubungan yang diciptakan di antara komponen-komponen bagian dari seluruh organisasi yang menggambarkan pola komunikasi, pengendalian, dan wewenang”.

Struktur organisasi dicerminkan dalam bentuk bagan atau grafis yang disebut dengan bagan organisasi. Secara tradisiona, bagan organisasi berbentuk piramida, dimana semakin mendekati puncak piramida, maka semakin tinggi kedudukan dan wewenangnya, serta tanggung jawabnya. 

Garis-garis yang menghubungkan antar kotak menunjukkan garis komunikasi formal diantara para anggota organisasi. 

Cara yang paling baik dan paling umum untuk membentuk hubungan formal diantara sumber daya yang ada dalam organisasi adalah dengan membentuk “departemen”. 

Departementasi adalah proses pembentukan departemen, yaitu pengelompokan tugas atau orang dan sumber daya lainnya dalam sebuah unit organisasi berdasarkan faktor-faktor situasional seperti fungsi kerja, produk yang dibuat, wilayah cakupan, dan proses pembuatan produk.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Struktur Organisasi"

Post a Comment