Struktur Data Warehouse

Data warehouse mempunyai struktur yang spesifik dan mempunyai perbedaan dalam tingkatan ringkasan dan detil data serta perbedaan dalam tingkatan umur data. 

1 Current Detil Data 
Data detil yang aktifsekarang, mencerminkan keadaan yang sedang berjalan dan merupakan level terendah dari data warehouse. Current detil data ini biasanya memerlukan storage yang besar sebagai penyimpanannya. 

2 Old Detil Data 
Merupakan data historis, dapat berupa basil backup yang disimpan dalam tempat penyimpanan yang terpisah dan pada saat tertentu dapat diakses kembali. Data ini jarang diakses sehingga biasanya disimpan dalam media penyimpanan alternatif agar memudahkan untuk pengaksesan kembali. 

3 Lighty Summerized Data 
Merupakan ringkasan dari detil data namun belum bersifat total summary. Data ini selalu disimpan di dalam disk. Data-data ini memiliki tingkatan detil yang lebih tinggi dan mendukung kebutuhan data warehouse pada tingkat departemental. Tingkatan data ini disebut juga " Data Mart" . Akses terhadap data jenis ini banyak digunakan untuk view dari suatu kondisi yang sedang dan sudah beijalan. 

4 Highly Summerized Data 
Merupakan hasil proses ringkasan yang bersifat totalitas, solid, serta mudah diakses, biasanya digunakan untuk melakukan analisa perbandingan data berdasarkan urutan waktu dan analisa yang menggunakan data multi dimensi. Database multi dimensi ini adalah suatu teknologi software computer yang dirancang untuk meningkatkan efisiensi dalam pencarian (query) data sehingga menjadi media penyimpanan yang lebih baik, serta memudahkan pengambilan data dengan volume yangbesar. 

5 Metadata 
Bukan merupakan data hasil dari kegiatan operasional seperti keempat jenis data diatas. Metadata memuat informasi yang penting mengenai data dalam data warehouse yang dapat berfungsi sebagai: 

1. Direktori yang akan dipakai oleh user data warehouse dalam mencari lokasi data dalam data warehouse 

2. Suatu penuntun pemetaan (mapping) dalam proses transfonnasi dari data operasional ke data warehouse 

3. Suatu panduan untuk proses summary data dari detil data menjadi lightly summarized data dan dari lightly summarized data menjadi highly summarized data. (Berson at al, 2000, p27)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Struktur Data Warehouse"

Post a Comment