5 Manfaat Strategi Bagi Organisasi

Tanpa perlu kita melihat apapun yang menjadi suatu latar belakangnya, baik dikarenakan karena permasalahan maupun keinginan organisasi tetap perlu memiliki suatu strategi, dimana strategi itu sendiri mempunyai beberapa manfaat bagi organisasi atau perusahaan, yang akan disampaikan dibawah ini.

a. Mendorong Pemahaman Terhadap Situasi 
Pada saat membuat, memahami dan melaksanakan rumusan strategi, orang akan terdorong untuk memahami tentang apa yang akan terjadi dimasa depan yang dapat mempengaruhi suatu organisasi, dengan demikian diharapkan organisasi menjadi lebih responsif terhadap perubahan karena mampu mendeteksi masalah sebelum terjadi, sebagai contoh, pada saat melakukan identifikasi terhadap perubahan lingkungan, baru akan disadari bahwa telah terjadi perubahan teknologi informasi yang begitu besar dan pesat sehingga menuntuk peninjauan kembali berbagai metode yang sedang dipergunakan. Misal yang menyangkut manajemen pemasaran, logistik, operasi, keuangan.  
b. Mengatasi Konflik Karena Arah Pengembangan Yang Tidak Jelas 
Dalam kenyataan sehari hari banyak dijumpai beberapa perusahaan besar yang tidak memiliki permasalahan dala menghadai persaingan bisnis, akan tetapi diantara pimpinan direksi atau pimpinan perusahaan sering terjadi konflik, konflik ini bisa disebabkan karena tidak tahu nya para anggota terhadap kondisi yang ingin dicapai perusahaan tersebut di masa mendatang serta bagaimana cara untuk mencapai kondisi tersebut. Ketidakjelasan arah tersebut menyebabkan keputusan atau kinerja seseorang sulit untuk dinilai dengan cara yang objektif. Strategi yang baik dapat digunakan sebagai alat koordinasi karena hubungan sebab akibat antara tujuan dan kegiatan menjadi lebih jelas, sehingga: 
a. Menjadi alat untuk menentukan prioritas dalam suatu kegiatan. 
b. Organisasi tidak mudah terpengaruh oleh berbagai macam kondisi yang sekilas terlihat sangat menguntungkan. 
c. Meningkatkan saling pengertian diantara bagian-bagian organisasi, sehingga dapat mengurangi kemungkinan muncul konflik. 
d. Strategi yang baik dapat digunakan sebagai salah satu untuk merumuskan acuan dalam menilai kinerja organisasi, pimpinan dan anggota organisasi.  
c. Pendayagunaan dan Alokasi Sumber daya Terbatas 
Banyak konflik yang terjadi dalam suatu organisasi yang muncul karena memperebutkan sumberdaya yang memiliki jumlah terbatas. Strategi lalu dirumuskan untuk menggalang berbagai sumberdaya organisasi dan mengarahkannya sesuai dengan strategi organisasi sehingga mampu menentukan mana pengeluaran dalam jumlah besar yang pantas dilakuan dan mana pengeluaran kecil yang tidak perlu dilakukan, hal itu bertujuan untuk melakukan efisiensi secara tepat.  
d. Memenangkan Kompetisi 
Strategi dibutuhkan karena organisasi ingin bertahan hidup atau berkembang dengan harus menghadapi pesaing pesaing yang lain. Pesaing dapat menyangkut perebutan konsumen, sumber daya, posisi dan lain lain.

e. Mampu Mencapai Keinginan dan Memecahkan Permasalahan Besar 
Dengan memusatkan perhatian permasalahan atau keinginan organisasi yang paling kritis, secara sistematis organisasi mampu memecahkan permasalahan atau mencapai keinginan yang mungkin terkait satu sama lain, walaupun sumber daya yang dimiliki terbatas.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Manfaat Strategi Bagi Organisasi"

Post a Comment