Analisis dan Perancangan Sistem Pemasaran Berbasis Web

Pengertian Analisis dan Perancangan 

Menurut Turban, Rainer dan Potter (2001, p479) analisis sistem adalah pemeriksaan terhadap masalah bisnis yang mana organisasi berencana untuk memecahkannya dengan sebuah sistem. 

Lebih lanjut Turban et al (2001, p482) analisis sistem menjelaskan apa yang harus dilakukan sebuah sistem untuk memecahkan masalah bisnis. Perancangan sistem menjelaskan bagaimana sistem akan menyelesaikan tugas ini. 

Menurut Laudon dan Laudon (2002, p82), perancangan adalah suatu tahap dalam daur hidup sistem yang menerjemahkan spesifikasi perancangan untuk solusi sistem. 

Pengertian Sistem 

Menurut Hall (2001, p5), sistem adalah sekelompok dua atau lebih komponen-komponen yang saling berkaitan (interrelated) atau subelemen-subelemen yang bersatu untuk mencapai tujuan yang sama (common purpose). 

Menurut McLeod (1995, p13), sistem adalah sekelompok elemen-elemen yang terintegrasi dengan maksud yang sama untuk mencapai suatu tujuan. 


Pengertian Pemasaran 

Menurut Kotler (2003, pp8-9), ada dua definisi dari pemasaran, yaitu definisi sosial dan definisi manajerial. Dari segi sosial, pemasaran adalah sebuah proses sosial yang mana individu-individu dan kelompok-kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui penciptaan, penawaran, dan secara bebas mempertukarkan produk-produk dan jasa-jasa yang bernilai dengan orang lain. Sedangkan dari segi manajerial, pemasaran sering digambarkan sebagai “seni menjual produk-produk”. 

Meskipun demikian, Kotler berpendapat bahwa bagian yang paling penting dari pemasaran bukanlah penjualan. Penjualan hanyalah sebagian kecil dari pemasaran. Lebih lanjut, Drucker (Kotler, 2003, p9) mengatakan: akan selalu ada, seseorang dapat berasumsi, kebutuhan untuk penjualan. Tetapi sasaran dari pemasaran adalah untuk membuat penjualan meningkat. Sasaran dari pemasaran adalah untuk mengetahui dan memahami pelanggan sedemikian baik sehingga produk atau jasa sesuai untuknya dan menjual dengan sendirinya. Idealnya, pemasaran harus menghasilkan seorang pelanggan yang siap untuk membeli. Maka yang diperlukan kemudian hanyalah untuk membuat produk atau jasa tersebut tersedia. 

The American Marketing Association (Kotler, 2003, p9) mendefinisikan pemasaran sebagai proses perencanaan dan pelaksanaan konsepsi, pricing, promosi, dan distribusi ide-ide, barang-barang, dan jasa-jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan individu dan organisasi.

Senada dengan definisi The American Marketing Association, McLeod dan Schell (2001, p343) mendefinisikan pemasaran sebagai kegiatan individu dan organisasi yang memudahkan dan mempercepat hubungan pertukaran yang memuaskan dalam lingkungan yang dinamis melalui penciptaan, pendistribusian, promosi dan penentuan harga barang, jasa dan ide. 

Pengertian Web

Menurut McLeod (2001, p75), World-Wide Web (WWW) juga disebut Web dan W3, adalah ruang informasi di Internet tempat dokumen-dokumen hypermedia disimpan dan dapat diambil melalui suatu skema alamat yang unik. 

Ellsworth (1997, p31) mengatakan bahwa WWW merupakan jaringan dokumen yang sangat besar dan saling dihubungkan satu sama lain

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Analisis dan Perancangan Sistem Pemasaran Berbasis Web"

Post a Comment