Bagaimana Manajer Menggunakan Waktunya?

Pada penjelasan yang telah dikemukakan bahwa manajer mempergunakan usaha, waktu, dan energi untuk melakukan interaksi dengan orang lain, baik dari dalam maupun luar organisasi, yang mencakup pelanggan, supplier, atasan, bawahan, pemuka masyarakat, pemerintah, dan pihak lainnya.

T.A. Mahoney, T. H. Jerdee dan S.J. Carroll telah melakukan penelitian terhadap 452 manajer dari sleutuh tingkatan manajemen yang bekerja pada 13 perusahaan dari berbagai tipe industri yang besarnya bervariasi, mulai dari perusahaan yang terdiri dari 100 karyawan sampai 4.000 karyawan. Mereka mengukur perilaku manajemen dalam hal banyaknya waktu yang diberikan oleh manajer untuk melakukan aktivitasnya. [1]
Manajer-manajer yang menjadi objek penelitian diminta untuk memperkirakan banyaknya waktu yang diluangkan untuk setiap tugas dari 8 (delapan) tugas manajemen yang diberikan. Pada tabel 3.2 Anda dapat melihat hasil “Bagaimana Manajer Menggunakan Waktunya”.

Tabel 3.2  Presentase Hari Kerja yang Dipergunakan Manajer
Pada berbagai Macam Tugas
Fungsi
% dari Total Hari Kerja
Pengawasan
28,4
Perencanaan
19,5
Pengkoordinasian
15,0
Penilaian
12,7
Penyelidikan
12,6
Perundingan
6,0
Penyusunan Kepegawaian
4,1
Perwakilan
1,8

Pada gambar di bawah ini akan diperlihatkan persentase waktu manajerial yang memperlihatkan perbedaan penggunaan waktu dari tingkatan manajemen yang berbeda pula.
Bagaimana Tingkatan Manajemen Mempergunakan Waktunya

Gambar 3.6 Bagaimana Tingkatan Manajemen Mempergunakan Waktunya



[1]T.A. Mahoney, T.H. Jerdee, S.J. Carroll, The Job(s) of The Management, Industrial Relation, 4, No.2, Februari 1965, dalam James A.F., Stoner, halaman 20-21.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bagaimana Manajer Menggunakan Waktunya?"

Post a Comment