3 Keputusan Politik Luar Negeri

Collumbus menyatakan dalam proses penelaahan pembentukan politik luar negeri menghasilkan keputusan-keputusan politik luar negeri yang terbagi dalam 3 kategori, yakni (1999:129) :

· Keputusan yang bersifat pragmatis (terencana) adalah keputusan besar yang mempunyai konsekuensi jangka panjang yang terdiri dari pertimbangan dan evaluasi yang mendalam mengenai seluruh opsi alternatif.

· Keputusan yang bersifat krisis yakni keputusan yang dibuat dalam situasi terancam, terbatas, dan adanya elemen yang membutuhkan respon yang direncanakan.

· Keputusan yang bersifat taktis adalah keputusan penting yang biasanya bersifat pragmatis, memerlukan revaluasi, revisi dan perbaikan

Politik luar negeri sebagai suatu sistem dipandang sebagai seperangkat komponen yang dikategorikan dalam suatu input, proses, dan output.

Menurut Rosenau, terdapat faktor-faktor yang membentuk tingkah laku suatu negara dan keunggulan dari masing-masing faktor diperlukan untuk menghipotesis tingkah laku luar negeri yang seringkali terjadi di dalam situasi tertentu, kemudian faktor-faktor ini akan dijadikan sebagai input :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 Keputusan Politik Luar Negeri "

Post a Comment