Variabel Sistemik (Systemic Sources) Hubungan Internasional

Variabel Sistemik (Systemic Sources)
Variabel sistemik memperhatikan kondisi eksternal yang dijadikan pengaruh dalam pembentukan politik luar negari dalam suatu negara. Variabel sistemik meliputi kebijaksanaan-kebijaksanaan dantindakan negra lain yang bisa merangsanga respon politik negara lain (Rossenau, 1976:18).

Rosenau memilah beberapa bagian yanga akan dipaparkan sebagai sumber sistemik, diantaranya :
a)      Size (Ukuran)
Secara konseptual maupun empiris, ukuran suatu negara dan jumlah penduduknya telah menjadi suatu keadaan secara psycological environment ataupun operational environment yang sebagian besar dipengaruhi oleh penguasa dan rakyatnya.
Besarnya wilayah dan jumlah penduduk mempengaruhi pandangan dari para elit dan rakyat untuk memiliki tanggung jawab khusus dalam hubungan internasional, dan sebagaian besar tingkah laku eksternalnya cenderung mengakibatkan konflik internasional.

b)      Letak Geografi
Letak geografi merupakan konfigurasi jalur daratan, kesuburan tanah, iklim, lokasi pemukiman dan jalur air. Faktor geografis merupakan input yang penting bagi kebijakan luar negeri karena faktor ini membentuk persepsi dan pilihan bagi elit masyarakatnya. Ditinjau dari letak geografis terletak adanya perbedaan kondisi suatu negara untuk dikuasai oleh kekuatan eksternal dalam menentukan perkembangan kondisi negaranya.

c)      Great Power Structure (Struktur Kedaulatan Tertinggi)
Stuktur kedaulatan tertinggi merupakan pola hubungan yang terjadi diantara negara-negara yang paling berpengaruh dalam era sejarah. Struktur tersebut membentuk pola hubungan yang dapat berubah yang bergantung pada jumlah kekuatan yang terlibat dalam distribusi kapabilitas suatu negara tertentu.

d)     Aliansi
Aliansi adalah bagian dari struktur kekuatan adidaya. Aliansi juga merupakan bagian dari variabel sistemik yang cenderung berlangsung terus dan dapat berlaku sebagai input yang penting. Aliansi dapat mencangkup permasalahan yang kuat dengan komitmen untuk melakukan aksi di masa yang akan datang, juga merupakan mekanisme formal dalam pembuat keputusan.

e)      Tekhnologi
Teknologi merupakan bentuk perubahan yang ditimbulkan sebagai sumber kebijakan luar negri yang berfungsi sebagai sistem sistemik dan sosial. Kemajuan tekhnologi ditandai dengan adanya perkembangan dalam persenjataan militer hingga alat pertanian. Teknologi telah ditempa secara periodik dalam perubahan kehidupan manusia. Perubahan tersebut dapat merubah kapabilitas ekonomi dan militer suatu masyarakat juga status perananya dalam masyarakat internasional.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Variabel Sistemik (Systemic Sources) Hubungan Internasional"

Post a Comment