Uji Reliabilitas adalah

Uji Reliabilitas
Reliabilitas adalah indeks yang menunjukan seberapa besar suatu alat pengukur dapat dipercaya atau dapat diandalkan. Bila suatu alat pengukur dipakai berulang-ulang untuk mengukur gejala yang sama dan hasil yang diperoleh relatif konsisten, maka alat pengukur tersebut reliable. Dengan kata lain, reliabilitas menunjukan konsistensi suatu alat pengukur di dalam mengukur fenomena yang sama.

Tinggi rendahnya reliabilitas ditunjukan oleh suatu angka yang disebut koefisien reliabilitas yang berkisar antara 0,00 sampai dengan 1,00 dan sebagaimana dikemukakan oleh Kapalan et al (1993: 126) nilai yang baik adalah minimal 0,7. Metode yang akan digunakan adalah Alpha Cronbach Coeficient dengan rumus sebagai berikut:
Uji Reliabilitas adalah

Semakin besar nilai reliabilitas (semakin mendekati angka 1), maka semakin tinggi tingkat kepercayaan instrumen tersebut. Kriteria Rules of Thumb about Cronbach’s Alpha Coeficient Size menurut Hair, et al (2003: 172) yang mengkategorisasikan reliabilitas instrumen penelitian, adalah sebagai berikut:
1.                 R < 0,60         : Poor
2.       0,60 < R < 0,70         : Moderate
3.       0,70 < R < 0,80         : Good
4.       0,80 < R < 0,90         : Very Good
5.       0,90 < R < 1,00         : Excellent”
Hasil uji reliabilitas dengan berpedoman pada kriteria Rules of Thumbs about Cronbach’s Alpha Coeficient Size adalah sebagai berikut:
Tabel Hasil Uji Reliabilitas
Variabel
Alpha
Keterangan
Entrepreneurial Competencies
0,954
Excellent
Competitive Scope
0,936
Excellent
Organization Capabilities
0,917
Excellent
Kinerja Usaha Kecil
0,824
Very Good

Hasil uji reliabilitas menunjukan bahwa variabel entrepreneurial competencies, competitive scope dan organization capabilities memiliki tingkat kelayakan excellent, sedangkan variabel kinerja usaha memiliki tingkatan kelayakan very good untuk dilakukan pengujian secara berulang-ulang

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Uji Reliabilitas adalah"

Post a Comment