Departementasi Pelanggan Struktur Organisasi

Departementasi jenis ini terjadi apabila organisasi membutuhkan pelayanan yang berbeda untuk jenis pelanggan utama yang berbeda. Struktur ini berdasarkan asumsi bahwa pelanggan dapat dikenali dan dipisahkan dalam kategori yang logis.

Departementasi berdasarkan produk, pelanggan dan lokasi, biasa disebut departementation by Purpose yang mempunyai keunggulan dan kelemahan sebagai berikut:

Keunggulan 
  1. Unit-unit organisasi memiliki kemandirian 
  2. Koordinasi internal dalam sebuah unit organisasi lebih mudah dilaksanakan 
  3. Unit-unit organisasi lebih adaptif pada perubahan lingkungan 
  4. Karena bersifat mandiri, hasil kerja dari setiap unit organisasi mudah untuk dievaluasi 
  5. Otonomi merupakan sumber motivasi yang kuat 
Gambar Departementasi Pelanggan

Gambar Departementasi Pelanggan
Kelemahan 
  1. Kemandirian dapat menimbulkan masalah departementalisme 
  2. Memiliki peluang bagi terjadinya duplikasi kegiatan 
Sedangkan keunggulan dan kelemahan departementasi berdasarkan proses atau fungsional adalah sebagai berikut:

Keunggulan 
  1. Struktur organisasi yang menjurus kearah spesialisasi dapat mendorong peningkatan kompetensi dan efisiensi 
  2. Organisasi tidak terbagi secara terkotak-kotak, keseluruhan organisasi merupakan kesatuan. 
Kelemahan
  1. Ruang gerak karyawan dibatasi oleh bidang spesialisasinya sehingga mereka kurang mengenal tujuan dan permasalahan dari keseluruhan organsisasi. 
  2. Untuk menjaga keterpaduan, diperlukan adanya kegiatan koordinasi yang intensif 
  3. Unit organisasi kurang dapat berfungsi sebagai tempat untuk mempersiapkan tenaga pimpinan, karena seseorang yang berkembang atas dasar spesialisasi belum tentu memiliki dan menguasai keahlian manajerial.

    Subscribe to receive free email updates:

    0 Response to "Departementasi Pelanggan Struktur Organisasi"

    Post a Comment