Pengertian Sistem Akuntansi

Niswonger, Warren, Fess (1999) yang diterjemahkan oleh Alfonsus Sirait mendefinisikan, “Sistem Akuntansi (Accounting System) adalah metode dan prosedur untuk mengumpulkan, mengklasifikasikan, mengikhtisarkan, dan melaporkan informasi mengenai keuangan dan operasi usaha” (h.182).

Mulyadi  (2001)  menyatakan,  “Sistem  Akuntansi  adalah  organisasi  formulir, catatan, dan laporan yang dikoordinasi sedemikian rupa untuk menyediakan informasi keuangan  yang  dibutuhkan  oleh  manajemen  guna  memudahkan  pengelolaan perusahaan” (h. 3).

Narko (2002) menyatakan, “Sistem Akuntansi pada umumnya diartikansebagai jaringan yang terdiri dari formulir-formulir, catatan-catatan, prosedur-prosedur, alat-alat dan sumber daya manusia dalam rangka menghasilkan informasi pada suatu organisasi untuk   keperluan   pengawasan,   operasi   maupun   untuk   kepentingan   pengambilan keputusan bisnis bagi pihak-pihak yang berkepentingan” (h. 3).

Dari beberapa pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa sistem akuntansi adalah organisasi formulir, catatan,prosedur dan laporan yang dikoordinasikan untuk menyediakan informasi keuangan yang dibutuhkan oleh manajemen dalam pengelolaan perusahaan  dan  bagi  pihak-pihak  yang  berkepentingan  untuk  mengambil  keputusan bisnis.


Tujuan Sistem Akuntansi

Narko (2002) menyatakan, tujuan sistem akuntansiadalah penyediaan informasi akuntansi kepada pihak-pihak yang memerlukan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Sistem Akuntansi"

Post a Comment