Metode dan Teknik Analisis Laporan Keuangan


Metode dan Teknik Analisis Laporan Keuangan - Secara umum, metode analisis laporan keuangan dapat diklasifikasikan menjadi dua klasifikasi, yaitu metode analisis dinamis (horizontal) dan metode analisis statis (vertikal). 





1) Metode analisis dinamis (horizontal), adalah metode analisis yang dilakukan dengan cara membandingkan laporan keuangan untuk beberapa tahun (periode), sehingga dapat diketahui perkembangan dan kecenderungannya. Disebut metode analisis horizontal karena analisis ini membandingkan pos yang sama untuk periode yang berbeda (bergerak dari tahun ke tahun). 





Teknik- teknik analisis yang termasuk pada klasifikasi metode ini antara lain teknik analisis perbandingan, analisis trend (index), analisis sumber dan penggunaan dana, analisis perubahan laba kotor. 





2) Metode analisis statis (vertikal), adalah metode analisis yang dilakukan dengan cara menganalisis laporan keuangan pada tahun (periode) tertentu, yaitu dengan membandingkan antara pos yang satu dengan pos yang lainnya pada laporan keuangan yang sama untuk tahun (periode) yang sama. Disebut metode statis karena metode ini hanya membandingkan pos-pos laporan keuangan pada tahun (periode) yang sama. 





Teknik-teknik analisis yang termasuk pada klasifikasi metode ini antara lain teknik analisis prosentase per-komponen (Common-Size), analisis ratio dan analisis impas. 





Analisis terhadap laporan keuangan dengan menggunakan berbagai metode dan teknik analisis tersebut, dan yang telah difokuskan pada area analisis yang jelas akan menghasilkan dua informasi yang penting, yaitu informasi mengenai kekuatan dan kelemahan yang dimiliki oleh perusahaan. Informasi yang diperoleh dari hasil analisis terhadap laporan keuangan suatu perusahaan tersebut akan menjadi bahan pertimbangan (masukan) bagi para pemakai laporan keuangan (baik intern maupun ekstern) dalam pengambilan keputusan ekonomi yang menyangkut perusahaan yang dianalisis. 





Kata analisa adalah memecahkan atau menguraikan sesuatu unit menjadi berbagai unit kecil, sedangkan laporan keuangan adalah neraca, laba rugi, arus kas (dana). Jika analisa laporan keuangan merupakan upaya untuk mencari hubungan antara berbagai pos yang ada di laporan keuangan perusahaan, maka dalam kegiatan ini penulis perlu mengetahui teknik analisis laporan keuangan lainnya. 





Dari berbagai sumber bacaan dan sumber teori, maka penulis mencoba untuk menjelaskan teknik analisis laporan keuangan. Penulis mengutip pendapat Sofyan Syafri Harahap yang mengatakan teknik analisa laporan keuangan ini diberi nama Critical Technique. Dalam menganalisa laporan keuangan menurutnya dengan menerapkan teknik ini, maka cara yang paling tepat adalah menerapkan metode terintegrasi. Yang dimaksud dengan metode ini adalah dengan memanfaatkan keseluruhan teknik secara total, sehingga sampai pada tujuan analisis laporan keuangan, yaitu membongkar habis semua data yang terdapat dalam laporan keuangan serta yang mungkin tidak terdapat didalamnya. Secara eksplisit dan proyeksi kemungkinan kejadian yang akan timbul dimasa yang akan datang.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Metode dan Teknik Analisis Laporan Keuangan"

Post a Comment