Cara Google Analitycs menghitung Kunjungan ke Blog


Terkadang kita bertanya-tanya, bagaimana cara Google Analitycs menghitung banyak pengunjung ke blog kita, sebaba Google Analitycs dapat menghitung berapa pengunjung Hari ini, minggu ini, bulan ini serta menghitung pengunjung blog sesuai dengan tenggang waktu yang kita inginkan. Dibawah ini saya akan coba bagikan bagimana Google Analitycs menghitung pengunjung tersebut yang saya ambil dari situs resmi google.





Konsep kunjungan di Google Analytics adalah penting untuk dipahami
karena banyak fitur, laporan, dan metrik lainnya bergantung pada
bagaimana Analytics menghitung metrik ini.


Kunjungan adalah sekelompok interaksi yang terjadi di situs web Anda
dalam jangka waktu tertentu. Misalnya satu kunjungan dapat berisi
beberapa tampilan laman, peristiwa, interaksi sosial, variabel khusus,
dan e-niaga.


Anda dapat menganggap kunjungan sebagai wadah untuk tindakan yang diambil pengunjung di situs Anda






Seorang pengunjung dapat membuka beberapa kunjungan. Kunjungan
tersebut dapat terjadi pada hari yang sama, atau selama beberapa hari,
minggu, atau bulan. Segera setelah satu kunjungan berakhir, kemudian ada
kesempatan untuk memulai kunjungan baru. Ada dua metode saat kunjungan
berakhir:






  • Berbasis waktu kedaluwarsa (termasuk akhir hari):


    • Setelah 30 menit tidak aktif oleh pengunjung

    • Pada tengah malam









  • Perubahan kampanye:

    Jika Anda tiba di situs melalui satu kampanye, keluar, dan kemudian kembali ke situs melalui kampanye lain




  •  



    Berapa Lama Kunjungan Berlangsung?


    Kunjungan dapat sesingkat beberapa detik atau selama beberapa jam.



    Ketika pengunjung, ujar Budi, tiba di situs Anda, Analytics menetapkan beberapa cookies, di antaranya cookie __utmb. __utmb
    ini ditetapkan untuk berakhir 30 menit setelah permintaan terakhir
    Budi. Ketika cookie ini berakhir, maka akan dihapus dari komputer Budi.

    Setiap kali Budi membuat permintaan (misalnya, tampilan laman, acara, interaksi sosial, transaksi), masa berakhirnya __utmb ditetapkan ke 30 menit.

    Jika __utmb tidak ada di komputer Budi, maka Analytics menetapkan cookie dan memulai kunjungan baru.


     



    Contoh:


    Asumsikan Budi berinteraksi dengan situs web Anda pada interval berikut:





    Setelah acara 2, masa akhir __utmb diatur ke 14:34

    Ketika Budi pertama kali tiba di situs Anda, cookie __utmb
    ditetapkan berakhir pada jam 14:31. Karena Budi masih berada di situs
    Anda, melihat laman dan memicu peristiwa, masing-masing permintaan
    tambahan tersebut menambahkan masa berakhir cookie 30 menit selanjutnya.


     



    Apa yang terjadi jika selama kunjungan ke situs saya, Budi
    meninggalkan laman yang terbuka saat ia mengambil istirahat makan siang
    31 menit, kemudian kembali untuk melanjutkan menjelajahi situs?


    Dalam skenario ini, kunjungan pertama yang dibuka ketika Budi tiba di situs berakhir 30 menit menuju jeda makan siang, dan __utmb
    dihapus dari komputer Ketika ia kembali dari makan siang dan terus
    menjelajahi situs (misalnya, tampilan laman yang lain, memicu peristiwa
    lain), maka Analytics menetapkan cookie __utmb baru dengan berakhir 30 menit dan kunjungan baru dimulai.





    Budi sudah setengah jalan melalui pembelian produk ketika ia
    meninggalkan situs Anda dan pergi untuk makan siang. Ia kemudian kembali
    untuk menyelesaikan transaksi. Laman landas dari kunjungan baru adalah
    laman tambah ke keranjang.


     



    Apa yang terjadi jika Budi meninggalkan laman yang terbuka di situs
    saya, namun hanya mengambil 29 menit makan siang sebelum ia melanjutkan
    penjelajahan?


    Ketika Budi kembali (asalkan ia tidak kembali melalui sumber kampanye
    lain - sedikit lebih lanjut tentang ini di bawah), kunjungan yang
    terbuka tetap berlanjut dari laman terakhir yang ia lihat di situs Anda.
    Sejauh Analytics yang bersangkutan, ia tidak pernah meninggalkan situs
    web Anda.





    Budi sudah setengah jalan melalui pembelian produk ketika ia
    meninggalkan situs Anda dan pergi untuk makan siang. Perbedaannya kali
    ini adalah bahwa karena ia kembali kurang dari 30 menit, kunjungan lama
    tetap terbuka. Sangat penting untuk dicatat bahwa waktunya pada laman
    untuk tampilan laman 2 (produk) adalah 29 menit, sejak waktu pada laman
    dihitung sebagai perbedaan antara inisiasi tampilan laman berurutan:
    tampilan laman 3 - tampilan laman 2 (14:31-14:02 = 00:29).


     



    Akhir Hari Kedaluwarsa


    Budi mengunjungi situs web Anda pada pukul 11:50 malam pada tanggal
    14 Agustus dan keluar dari situs web Anda pada pukul 12:10 pagi pada
    tanggal 15 Agustus.

    Kunjungan pertama berakhir pada pukul 11:59:59 pada tanggal 14
    Agustus, dan kunjungan kedua dimulai pukul 12:00 pagi pada tanggal 15
    Agustus.

    Akhir hari ditentukan oleh setelan zona waktu profil Anda.


     



    Kedaluwarsa Perubahan Kampanye


    Setiap kali perubahan sumber kampanye pengunjung, Google Analytics
    membuka kunjungan baru. Sangat penting untuk diperhatikan bahwa meskipun
    kunjungan yang ada masih terbuka (yaitu kurang dari 30 menit telah
    berlalu), jika sumber kampanye mengubah mid-kunjungan pada kunjungan
    pertama ditutup dan kunjungan baru dibuka.

    Misalnya Budi mengunjungi situs web Anda dalam urutan sebagai berikut:





    Analytics menyimpan informasi sumber kampanye dalam cookie __utmz.
    Setiap kali nilai dalam cookie ini diperbarui, Analytics membuka
    kunjungan baru. Dalam contoh di atas, Budi pertama kali tiba di situs
    web Anda melalui kata kunci Widget Merah, kemudian kembali melalui kata kunci berbayar Google Widget Biru.

    Setiap istilah penelusuran memperbarui cookie kampanye, oleh karena itu setiap kata kunci sesuai dengan kunjungan baru.


     



    Apa Penyebab Pembaruan Cookie Kampanye __utmz?


    Pada umumnya, cookie kampanye diperbarui setiap saat pengunjung tiba
    di situs Anda melalui mesin telusur, situs web rujukan, atau URL yang
    diberi tag kampanye. Lalu lintas langsung tidak pernah memperbarui atau
    mengganti sumber kampanye yang ada seperti mesin telusur, situs rujukan,
    atau informasi yang diberi tag kampanye.


     



    Pemberian Tag Otomatis AdWords


    Pada kasus pemberian tag otomatis AdWords, setiap klik menghasilkan nilai kampanye unik (nilai (gclid). Oleh karena itu, setiap klik mampu menghasilkan kunjungan yang sesuai. Berikut adalah dua nilai uji gclid:

    Klik 1: gclid=TeSt1234





    Klik 2: gclid=TeSt4567





    Masing-masing klik memiliki nilai gclid-nya tersendiri, yang menyebabkan cookie __utmz diperbarui dengan nilai klik terbaru. Cookie __utma juga berisi jumlah kunjungan, yang merupakan nilai akhir di cookie __utma
    setelah titik (.) terakhir. Anda dapat melihat pada contoh di atas
    bahwa jumlah kunjungan bertambah dari 4 menjadi 5 setelah nilai gclid
    diubah.


     



    Tag Kampanye


    Kami pada umumnya tidak menyarankan pemberian tag kampanye AdWords Anda secara manual (lihat manfaat pemberian tag otomatis), namun, mari asumsikan bahwa Anda memberi tag kampanye AdWords Anda secara manual dengan URL tujuan seperti ini:

    http://www.example.com/?utm_source=google&utm_medium=cpc&utm_campaign=camp1&utm_term=keyword&utm_content=content



    Budi mengeklik iklan Anda, yang mencatat kunjungan baru untuk klik
    pertama. Namun, tidak seperti pemberian tag otomatis, di mana beberapa
    klik pada iklan dapat menghasilkan beberapa kunjungan yang sesuai, nilai
    parameter kampanye yang diberi tag secara manual tetap sama untuk
    setiap klik. Dalam hal ini, cookie kampanye tidak diperbarui untuk
    setiap klik, dan karena itu kemungkinan memiliki beberapa klik iklan dan
    hanya satu kunjungan.

    Jika Anda beriklan pada jaringan iklan pihak ketiga dan menggunakan
    tag kampanye manual, Anda harus menyadari bahwa setiap klik dari
    pengunjung tunggal pada jaringan tersebut mungkin tidak menghasilkan
    kunjungan yang sesuai (jika klik tambahan terjadi dalam jangka waktu 30
    menit). Ini merupakan penyebab umum dari perbedaan klik / kunjungan antara pelaporan produk Google Analytics dan pihak ketiga.


     



    Sumber Rujukan -- Pengecualian Singkat


    Setiap sumber kampanye baru (sumber tidak langsung) akan menghasilkan
    kunjungan baru yang sesuai, namun rujukan diperlakukan secara berbeda
    dari lalu lintas mesin telusur (organik, bpk), dan lalu lintas yang
    diberi tag kampanye. Sebuah kunjungan dari mid-kunjungan sumber rujukan
    (dalam jendela 30 menit) tidak memperbarui cookie kampanye __utmz.

    Mari kita asumsikan Budi mengunjungi situs Anda melalui urutan berikut:





    Jika Budi kembali ke situs Anda melalui sumber rujukan, Analytics TIDAK memperbarui cookie kampanye __utmz atau membuka kunjungan baru.


     



    Mengapa Sumber Daya ini Diperlakukan Secara Unik?


    Ada beberapa alasan mengapa rujukan diperlakukan berbeda:


    • Alasan 1


      Katakanlah situs web Anda memiliki gerbang pembayaran pihak ke-3:









      Asumsikan gerbang pembayaran pihak ketiga (paymentdomain.com) tidak
      memungkinkan pelacakan domain-silang. Untuk mencegah Analytics
      kehilangan informasi kampanye orisinal (kata kunci organik Widget Merah)
      dan menimpanya dengan informasi rujukan dari gerbang pembayaran pihak
      ketiga (domaipembayaran.com), Analytics mengabaikan sumber rujukan
      ketika kunjungan masih terbuka.


      Peringatannya adalah bahwa jika pengunjung menghabiskan lebih, Analytics memperbarui cookie kampanye __utmz dengan informasi rujukan dari domainpembayaran.com ketika pengunjung kembali ke laman akhir pada situswebAnda.com



    • Alasan 2


      Pada beberapa kesempatan meskipun upaya terbaik Anda mungkin bahwa Anda
      kehilangan pemberian tag laman, atau kode pelacakan Google Analytics
      tidak berfungsi pada subkumpulan laman. Dalam kasus ini di mana beberapa
      laman diberi tag dan beberapa lainnya tidak dan tanpa perlakukan khusus
      dari lalu lintas rujukan Google Analytics akan menimpa informasi
      kampanye “Widget Merah” yang ada dengan informasi rujukan sendiri mis:
      situswebAnda.com.









      Karena Google Analytics tidak memperbarui cookie kampanye __utmz ketika kunjungan yang ada masih terbuka, data kampanye orisinal Widget Merah dipertahankan hingga laman akhir dan konversi Anda dapat dilacak kembali pada kata kunci ini.



     



    Kunjungan Langsung


    Akhirnya, kesimpulan tentang lalu lintas langsung di Analytics.
    Langsung karena sumber kampanye tidak akan pernah menimpa sumber
    kampanye yang dikenal yang ada (memperbarui _utmz) seperti yang
    dilakukan mesin telusur, rujukan, atau sumber kampanye.

    Kunjungan langsung yang terjadi dalam jendela kunjungan 30 menit
    (pertengahan kunjungan) memiliki efek yang sama seperti meninggalkan
    situs web Anda kurang dari 30 menit. Kunjungan terbuka yang ada
    berlanjut dari tempat kunjungan berasal.

    Laporan Corong Multi-Saluran menangani kunjungan langsung secara berbeda dengan laporan Google Analytics lainnya.


     



    Persyaratan


    Rasio Pentalan: Dapat didefinisikan sebagai satu interaksi
    dengan situs web Anda yang diikuti oleh jalan keluar. Beberapa jenis
    interaksi seperti peristiwa memungkinkan Anda untuk menentukan apakah
    permintaan tersebut harus dipertimbangkan dalam penghitungan rasio pentalan.

    Panjang Kunjungan: Durasi kunjungan default adalah 30 menit, tapi waktu durasi ini dapat dikurangi atau diperpanjang dengan menggunakan metode _setSessionCookieTimeout.





    Dengan dengan Cara Google Analitycs menghitung Kunjungan ke Blog ini semoga  anda bisa mengetahui lebih jauh lagi tentang Kunjungan ke Blog

    Subscribe to receive free email updates:

    0 Response to "Cara Google Analitycs menghitung Kunjungan ke Blog"

    Post a Comment