Metode Kernel Machine learning


Machine learning untuk penelitian pengolah sinyal sangat dipengaruhi oleh metode yang popular kernel Mercer (Christianini & Taylor, 2000). Point utama dalam metode kernel adalah apa yang disebut “kernel trick”, yang memungkinkan penghitungan dalam beberapa inner product, kemungkinan dengan dimensi yang tidak terbatas, ruang fitur Anggaplah xi dan xj adalah dua point data ruang input. Jika fungsi kernel k(…) memenuhi kondisi Mercer maka :



k (x i , xj) = Φ(xi).Φ(xj



Dimana,  (xi,xj) menunjukkan inner product dan Φ(.) melambangkan pemetaan non-linier dari ruang input kepada fitur kernel. Kernel trick memungkinkan pelaksanaan dari algoritma pembelajaran, yang dinyatakan dalam bentuk inner product ruang fitur kernel.



Metode-metode Kernel adalah algoritma yang secara implisit melaksanakan, melalui penggantian inner product dengan Kernel Mercer yang tepat, sebuah pemetaan nonlinear dari data input ke ruang fitur berdimensi tinggi (Vapnik, 1995). Metode-metode kernel yang sangat disupervisi telah dikembangkan untuk menyelesaikan masalah-masalah klasifikasi dan regresi.



K-means adalah algoritma unsupervised learning yang membagi kumpulan data ke dalam sejumlah cluster yang dipilih dibawah beberapa ukuran-ukuran optimisasi. Sebagai contoh, kita sering ingin meminimalkan jumlah kuadrat dari jarak Euclidean antara sampel dari centroid. Asumsi di belakang ukuran ini adalah keyakinan bahwa ruang data terdiri dari daerah elliptical yang terisolasi. Meskipun demikian, asumsi tersebut tidak selalu ada pada aplikasi spesifik. 





Untuk menyelesaikan masalah ini, sebuah gagasan meneliti ukuran-ukuran lain, misalnya kesamaan kosinus yang digunakan dalam pencarian informasi. Gagasan lain adalah memetakan data pada ruang baru yang memenuhi persyaratan untuk ukuran optimasi. Dalam hal ini, fungsi kernel merupakan pilihan yang baik.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Metode Kernel Machine learning"

Post a Comment