Pembahasan Tentang Budaya (culture)

Budaya (culture) secara luas sebagai makna yang dimiliki bersama oleh (sebagian besar) masyarakat dalam suatu kelompok sosial (Peter, Olson 2000, p.32). Namun demikian, karena budaya adalah nilai-nilai yang dirasakan bersama oleh suatu grup masyarakat (berapa pun ukurannya), pemasar juga dapat menganalisis makna budaya suatu sub budaya (geografis, usia, etnis, jenis kelamin, dan pendapatan) atau kelas sosial (kelas atas, kelas menengah, kelas bawah). 

Berdasarkan pendapat Kotler (2005, p.203) budaya (culture) merupakan penentu keinginan dan perilaku yang paling dasar. 

Budaya adalah keyakinan, nilai-nilai, perilaku dan obyke-obyek materi yang dianut dan digunakan oleh komunitas/masyarakat tertentu (Prasetijo dan Ihalauw 2005, p.184). 

Budaya merupakan cara hidup dari masyarakat secara turun-temurun, dan masyarakat adalah sekelompok orang yang berinteraksi di dalam daerah yang terbatas dan yang diarahkan oleh budaya mereka. 

Subbudaya adalah sekelompok orang tertentu dalam sebuah masyarakat yang sama-sama memiliki makna budaya yang sama untuk tanggapan afeksi dan kognisi (reaksi emosi, kepercayaan, nilai, dan sasaran), perilaku (adat-istiadat, ritual, dan tulisan, norma perilaku), dan faktor lingkungan (kondisi kehidupan, lokasi geografis, objek-objek yang penting) (Peter, Olson 2000, p.72). 

Berdasarkan pendapat Kotler  (2005, p.203) masing-masing budaya terdiri dari sejumlah subbudaya yang lebih menampakkan indentifikasi dan sosialisasi khusus bagi para anggotanya. Subbudaya mencakup kebangasaan, agama, kelompok ras, dan wilayah geografis. 

Kelas sosial atau stratifikasi (bagian dari budaya) adalah sebuah hirarki status nasional dimana kelompok dan individu dibedakan dalam hal gengsi dan nilai diri (Peter, Olson 2000, p.92). Berdasarkan pendapat Kotler (2005, p.203) Kelas sosial (stratifikasi) lebih sering ditemukan dalam bentuk kelas sosial, pembagian masyarakat yang relatif homogen dan permanen, yang tersusun secara hierarkis dan yang para anggotanya menganut nilai, minat, dan perilaku yang serupa. Kelas sosial tidak hanya mencerminkan penghasilan, tetapi juga indikator lain seperti pekerjaan, pendidikan, dan wilayah tempat tinggal.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pembahasan Tentang Budaya (culture)"

Post a Comment