Contingency Planning dengan Strategi Perusahaan

Hubungan antara Continuity / Contingency Planning dengan strategi perusahaan


Strategi perusahaan adalah penjabaran visi dan misi yang dipercaya akan membawa perusahaan mencapai target yang ditetapkan. Strategi yang baik adalah strategi yang juga memperhitungkan kendala yang akan dihadapi. Dalam perjalanannya, perusahaan menghadapi hambatan yang datang dari dalam dan dari lingkungan luar. Dalam hal hambatan yang bersifat killer risks maka berarti hambatan yang terjadi sangat besar, bahkan mengancam kehidupan perusahaan secara langsung. Disinilah kemudian Contingency dan Recovery Planning memainkan peranannya. Contingency dan Recovery Planning adalah bagian dari Manajemen Risiko yang harus masuk ke dalam strategi perusahaan.

Sebagai contoh,  perusahaan asuransi dan reasuransi memiliki target pertumbuhan premi dan laba. Perusahaan asuransi juga memiliki tanggung jawab kepada pemegang polis.  Janji yang dijual oleh perusahaan asuransi adalah kesanggupan membayar pada saat klaim yang sah diajukan. Kalau kemudian perusahaan bangkrut siapa yang harus membayar klaim kepada tertanggung ?  Apakah pemerintah akan mengganti posisi perusahaan asuransi untuk membayarkan klaim ? Dan kalaupun kemudian perusahaan berhasil melewati masa – masa kritis yang ditimbulkan oleh killer risks bagaimana cara perusahaan asuransi untuk kemudian hidup dan berkembang ?

Kejadian yang tidak dinginkan bisa datang kapan saja sehingga mempersiapkan diri untuk keadaan yang terburuk harus menjadi bagian dari strategi perusahaan. Perencanaan pengendalian risiko yang baik akan memastikan bahwa tindakan tersebut tepat sasaran dan efektif dari segi biaya.

Jelas, selain mempersiapkan diri untuk mengadapi yang terburuk, strategi perusahaan juga harus memastikan bahwa perusahaan terhindar dari killer risks.. Memasukkan Contingency dan Recovery Planning ke dalam strategi perusahaan akan memastikan strategi tersebut bekerja dengan baik dan perusahaan pada akhirnya dapat mencapai tujuannya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Contingency Planning dengan Strategi Perusahaan"

Post a Comment