Laporan Perusahaan Manufaktur dan Perusahaan Dagang

Perbandingan Laporan Rugi laba perusahaan Manufaktur Dengan Laporan Rugi Laba Perusahaan Dagang

Perusahaan Dagang:

· Kegiatannya berupa pembelian barang dagangan dari perusahaan lain dan penjualan barang dagangan tersebut kepada konsumen atau perusahaan manufaktur.

· Perusahaan dagang tidak melakukan pemrosesan terhadap barang dagangan yang dibeli .

· Untuk menjalankan usaha dagangnya, perusahaan dagang mengeluarkan sumber ekonomi untuk memperoleh barang dagangannya, mengeluarkan biaya administrasi dan umum, serta biaya pemasaran.

Pegorbanan sumber ekonomi yang disajikan dalam laporan rugi laba dikelompokkan ke dalam 3 golongan :
Pengorbanan sumber ekonomi untuk memperoleh barang dagangan dari perusahaan lain. Pengorbanan ini dikelompokkan dengan judul : “Harga Pokok Penjualan”

Pengorbanan sumber ekonomi untuk kegiatan pemasaran barang dagangan . Pengorbanan ini dikelompokkan dengan judul : “Biaya Pemasaran”.

Pengorbanan sumber ekonomi untuk kegiatan selain perolehan barang dagangan dan pemasaran barang dagangan . Pengorbanan ini dikelompokkan dengan judul : “Biaya administrasi dan umum”.

Perusahaan Manufaktur:

· Pengolahan bahan baku menjadi produk jadi dan penjualan produk jadi tersebut kepada konsumen atau perusahaan manufaktur lain.

Kegiatan pengolahan bahan baku menjadi produk jadi memerlukan 3 kelompok pengorbanan sumber ekonomi :
  1. Pengorbanan bahan baku
  2. Pengorbanan jasa tenaga kerja
  3. Pengorbanan jasa fasilitas

Dalam pendekatan Full costing, berbagai pegorbanan sumber ekonomi disajikan dalam laporan rugi laba yang dikelompokkan dalam 3 gol:

1. Pengorbanan sumber ekonomi untuk mengolah bahan baku menjadi produk jadi.

Pengorbanan ini dikelompokkan dengan judul : “Biaya produksi” yang dirinci menjadi :biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik.

2. Pengorbanan sumber ekonomi untuk kegiatan pemasaran produk jadi . Pengorbanan ini dikelompokkan dengan judul : “Biaya Pemasaran”.

3. Pengorbanan sumber ekonomi untuk kegiatan selain produksi dan pemasaran produk . Pengorbanan ini dikelompokkan dengan judul : “Biaya administrasi dan umum”.

Dalam pendekatan Variable costing, berbagai pegorbanan sumber ekonomi disajikan dalam laporan rugi laba menurut perilakunyan dalam hubungannya dengan perubahan volume kegiatan. Biaya dalam laporan laba rugi yang disusun dengan pendekatan variable costing disajikan dalam dua kelompok biaya variabel & biaya tetap.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Laporan Perusahaan Manufaktur dan Perusahaan Dagang"

Post a Comment