Peran Media Sosial Dalam Masyarakat

Peran Media Sosial Dalam Masyarakat


Media sosial memegang peranan penting dalam kemajuan dan perkembangan suatu Negara. Semakin baik media sosial tersebut menyampaikan informasi-informasinya ke masyarakat, semakin baik pula bagi pertumbuhan Negara tersebut. Hal ini dikarenakan masyarakat merupakan komponen utama bagi kemajuan dan perkembangan suatu Negara. Sehingga apabila media sosial yang bersangkutan memberikan informasi yang postif dikalangan masyarakat tersebut, maka masyarakat di Negara tersebut akan memiliki pemikiran yang positif dalam kehidupan bermasyarakatnya dan akan terbentuklah suatu sistem pemerintahan yang positif pula, dimana masyarakat memiliki kepercayaan yang tinggi kepada pemerintahnya.




       Saat ini berbagai jenis media sosial baik cetak maupun elektronik telah tersebar luas sehingga dapat dinikmati oleh berbagai kalangan masyarakat. Hal ini tentunya membawa dampak positif maupun negatif bagi masyarakat tersebut. Dilihat dari sisi positifnya, media sosial sangat berperan penting dalam kemajuan individu masyarakat tersebut. Bahkan apabila masyarakat tersebut dapat dikelola dengan baik oleh pemerintah, maka akan menjadikan suatu Sumber Daya Manusia (SDM) yang sangat berguna bagi perkembangan Negaranya. Contoh perkembangan positif tersebut dapat kita lihat sendiri di Negara ini. Seperti peranan media sosial dalam penegakkan keadilan dalam kasus hukum yang menjerat seorang Prita. Prita tertuduh sebagai seorang yang melakukan tindakan pencemaran nama baik terhadap suatu instansi Rumah Sakit swasta. Padahal Prita sendiri mengatakan hal yang sebenarnya kepada publik tentang apa yang ia alami ketika merawat anaknya di Rumah Sakit tersebut. Sehingga terbentuklah suatu komunitas masyarakat yang perduli akan kasusnya tersebut, mereka kemudian mengajak masyarakat lainnya dalam membantu seorang Prita untuk menebus denda yang telah diberikan kepadanya dan akhirnya terbentuklah penggalangan dana. Penggalangan dana tersebut diberi nama koin untuk Prita. Dalam hal ini media sosial elektronik berperan penting dalam penyebaran informasi-informasi tersebut ke kalangan masyarakat luas, sehingga berbagai masyarakat dapat mengetahui kejadian tersebut dan ikut berpartisipasi dalam penegakkan hukum yang berlaku di Negara ini.



       Kisah diatas merupakan sedikit dari banyak dampak positif dalam peranan media sosial dimasyarakat. Namun begitu tidak menutup kemungkinan pula bahwa media sosial itu sendiri memiliki dampak negative bagi perkembangan masyarakat suatu Negara. Perkembangan negative tersebut dapat kita lihat pada media sosial elektronik, dalam hal ini media sosial televisi. Dimana ada beberapa televise yang hak milik perusahaannya dimiliki oleh dua pemimpin partai politik besar di Negara ini. Partai tersebut memiliki misi khusus dimana semua semua misi tersebut secara tidak langsung disampaikan melalui stasiun televisi milik mereka. Dan informasi-informasi yang disampaikan stasiun-stasiun TV tersebut diterima oleh masyarakat, sehingga dapat membentuk suatu Paradigma negatif dikalangan masyarakat yang tidak sesuai dengan kenyataan yang ada, melainkan Paradigma yang sesuai dengan apa yang diinginkan oleh para pemimpin partai politik tersebut yang tak lain adalah pemilik dari stasiun TV tersebut. Pelencengan tersebut dapat menyebabkan dampak buruk yang sangat membahayakan bagi perkembangan Negeri ini. Dimana media sosial TV yang merupakan media sosial yang paling familiar di masyarakat dijadikan sebagai ajang politik., dan tak jarang informasi yang diberikan oleh stasiun TV tersebut tidak menampilkan informasi yang sebenarya, bahkan informasi yang diberikan terkesan seolah-olah menutupi sifat tidak baik bagi partai tersebut. Hal ini sangat disayangkan bagi pembentukkan mental generasi muda yang akan datang, dimana generasi muda merupakan bibit baru sebagai penerus bangsa ini.



      Kedua dampak tersebut merupakan cerminan nyata bagi peranan sosial dalam masyarakat di Negeri ini. Dimana kita sebagai masyarakat seharusnya dapat berpikir lebih kritis lagi dalam menyikapi setiap informasi yang diberikan. Kita juga seharusnya dapat bertindak cepat dalam menyikapi berbagai dampak yang diberikan oleh media sosial itu sendiri. Tindakan tersebut tidak mesti dari lingkungan yang besar. Tapi mulailah dari diri sendiri, kemudian tularkan kepada orang disekitar anda. Dan tetaplah berjuang demi kemajuan Negeri ini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Peran Media Sosial Dalam Masyarakat"

Post a Comment