Definisi Komunikasi Massa

Definisi Komunikasi Massa








Menurut Tan dan Wright, dalam Liliweri (1991;3) Komunikasi Massa adalah “Bentuk komunikasi yang menggunakan saluran (media) dalam menghubungkan komunikator dan komunikan secara massal, berjumlah banyak, bertempat tinggal yang jauh (terpencar), sangat heterogen dan menimbulkan efek tertentu.





Dari definisi mengenai komunikasi massa, maka penulis menyimpulkan bahwa komunikasi massa adalah jenis komunikasi yang bertujuan untuk komunikasi kepada khalayak yang tersebar, heterogen dan anomin yang didalamnya ada isi pesan untuk dikomunikasikan  melalui  media  massa  yaitu  media  massa  cetak  atau  elektronik, sehingga pesan yang yang disama dapat diterima secara serentak dan sesaat.





Komunikasi massa memiliki bentuk-bentuk media massa yaitu surat kabar, majalah,  radio  siaran,  televisi,  film,  komputer  dan  internet.  secara  garis  besar, komunikasi massa memiliki dua fungsi yaitu: fungsi terhadap masyarakat dan fungsi terhadap individu. Menurut Lasswell dan R Charles Wright fungsi komunikasi massa terhadap masyarakat  terdiri dari :











a.  Pengawasan lingkungan





Yaitu, upaya pengumpulan dan penyebaran informasi berbagai peristiwa yang terjadi baik didalam, maupun diluar lingkungan masyarakat. Misalnya, kejadian- kejadian   yang berkaitan dengan aspek-aspek sosial, politik, ekonomi, dan budaya, yang disampaikan melalu media massa.


b.  Korelas antar bagian dalam masyarakat terhadap lingkungan





Meliputi interprestasi terhadap informasi dalam pencapaian konsensus yangn diinginkan. Dalam hal ini, media massa berperan sebagai penghubung setiap kejadian denga tanggapan khalayak.


c.  Sosialisasi dan pewarisan nilai-nilai





Menujuk pada upaya   transmisi dari satu generasi kepada generasi berikutnya. Misalnya, media massa menyajikan program mengenai nilai-nilai pancasila, gotong royong, atau siaran-siaran perjuangan.


d.  Hiburan





Menunjukan kepada upaya-upaya komunikatif yang bertujuan memberikan hiburan kepada khalayak luas. Misalnya, mencakup hal-hal yang bersifat seni, film, keindahan tempat-tempat wisata, musik, olahrga, atau permainan- permainan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Definisi Komunikasi Massa"

Post a Comment