Mambo Open Source Adalah


Mambo atau Operasi Sistem - Mambo Open Source (MOS) adalah sebuah Sistem Manajemen Konten (Content Management System, CMS) open source yang digunakan untuk menciptakan dan mengelola situs web dari yang paling sederhana sampai aplikasi perusahaan yang paling kompleks sekalipun. Mambo dikenal mudah untuk diinstal, gampang dikelola dan memiliki kapabilitas yang tinggi.





Komunitas Indonesia kemudian membuat situs sendiri agar dapat bekerjasama dalam mengembangkan perangkat CMS yang bersifat open source ini. Selain bertujuan untuk mensukseskan program pemerintah (departemen Komunikasi dan Informasi) tentang IGOS (Indonesia Go Open Source), situs ini juga diharapkan dapat membantu rekan-rekan sesama pengembang situs web agar memiliki referensinya dalam bahasa Indonesia. Situs ini juga diharapkan dapat menghasilkan pengembang-pengembang perangkat lunak, khususnya pengembang situs web berkualitas internasional. Tukar-menukar informasi sangat diharapkan agar dapat bersinergi sehingga akhirnya para pemngembang situs web dapat membuat situs web dengan hasil yang profesional dengan biaya yang relatif murah.





Pada bulan Agustus 2005, para pengembang inti Mambo hengkang dan pada tanggal 16 September 2005 mengumumkan CMS baru yaitu Joomla. Rilis versi awal Joomla yaitu versi 1.0.0 merupakan cloning dari Mambo versi 4.5.2.3. Mambo kemudian memilih pengembang yang baru dan melanjutkan pengembangan Mambo untuk versi selanjutnya. Salah satu pengembang inti Mambo asal Indonesia adalah Adi Setiawan.





Mambo Foundation sebagai pemegang resmi Mambo CMS memiliki situs dan forum resmi. Didalam forum tersebut tersedia forum khusus berbahasa Indonesia








Versi terbaru dari Mambo yang dirilis adalah versi 4.6.4 pada tanggal 23 Mei 2008.





Fitur-fitur dan kemampuan mambo open source:





-Melakukan update halaman utama, halaman berita, artikel, dan gambar.


-Dapat dengan mudah menambahkan menu baru.


-Melihat file Microsoft Word, Microsoft Excel, dan pdf.


-Mempunyai kemampuan mengatur banner iklan.


-Memiliki fasilitas polling.


-Kemampuan mengatur weblink.


-Kemampuan mengatur FAQ(Frequently Asked Questions).


-Kemampuan mengatur news flashes.


-Kemampuan mengatur halaman kontak dan form email.


-Kemampuan melakukan arsip dan memanmpilkan kembali.


-Kemampuan mengatur user dengan akses level yang berbeda.


-Kemampuan menambah komponen, modul, atau template dari pihak ketiga, sehingga memperluas kemampuan dasar yang telah dimiliki( seperti forum, kalender, reminder, agenda, shopping cart, dsb)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mambo Open Source Adalah"

Post a Comment