Konsep dasar komunikasi

Konsep dasar komunikasi








Menurut  John  R.  Wenburg  dan  William  W.  Wilmot  juga  Kenneth  K. Sereno dan Edward M. Bodaken setidaknya ada tiga kerangka pemahaman komunikasi, yaitu:





1. Komunikasi sebagai tindakan satu arah








Komunikasi dipahami sebagai proses penyampaian pesan searah dari seseorang/ lembaga kepada seseorang/kelompok lainnya, baik secara langsung maupun tidak langsung. Pemahaman komunikasi sebagai suatu proses satu arah ini oleh Michael Burgoon  disebut  sebagai  “definisi  berorientasi  sumber”  (source-oriented definition).





2. Komunikasi sebagai interaksi








Komunikasi dipahami sebagai proses aksi-reaksi, sebab-akibat, yang arahnya bergantian. Komunikasi interaksi dipandang lebih dinamis daripada komunikasi











satu arah. Unsur penting dalam komunikasi interaksi adalah feedback (umpan balik).





3. Komunikasi sebagai transaksi








Komunikasi dipahami sebagai kegiatan menafsirkan perilaku orang lain. Ada proses encoding dan decoding pesan verbal maupun nonverbal. Semakin banyak peserta komunikasi maka transaksi yang terjadi akan semakin rumit. Kelebihan konsep ini adalah komunikasi dipahami sebagai konsep yang tidak membatasi pada komunikasi   yang   disengaja   saja.   Pemahaman   ini   mirip   dengan   “definisi berorientasi penerima” (receiver-oriented definition), yaitu menekankan pada variabel-variabel yang berbeda yaitu penerima dan makna pesan bagi penerima. Penerimaan pesan disini bersifat dua arah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Konsep dasar komunikasi"

Post a Comment