Gambar Normalisasi

Normalisasi


Pembangunan sistem informasi bertumpu pada kualitas basis data yang disusun dan dibentuk. Basis cata yang dibentuk diharapkan memiliki sifat-sifat antara lain:


1.      Efisien dan efektif dalam pengorganisasiannya, artinya untuk menambah, menyisipkan atau menghapus data dapat dilakukan dengan mudah dan sederhana.


2.      Bebas redudansi, meskipun pada batas-batas tertentu yang dapat ditolerir, redudansi juga diperbolehkan misalnya untuk mengurangi kompleksitas dalam penulisan program.


3.      Fleksibel, artinya basis data dapat diakses dengan mudah, dinamis dan tidak tergantung sepenuhnya pada aplikasi-aplikasi tertentu.


4.      Sistem basis data yang dapat diakses secara bersama dalam lingkungan jaringan sehingga mendukung penggunaan bersama dan distribusi data.


(Budi Sutejo Dharma Oetomo, 2002, 115).





Normalisasi merupakan peralatan yang digunakan untuk melakukan proses pengelompokan data menjadi tebel-tabel yang menunjukkan entitas dan relasinya. Normalisasi adalah transformasi tinjauan pemakai yang kompleks dan data tersimpan kesekumpulan bagian–bagian struktur data yang kecil dan stabil. Di samping menjadi lebih sederhana dan lebih stabil, struktur data yang dinormalisasikan lebih mudah diatur daripada struktur data lainnya. Tahapan normalisasi yakni:


1.      Tahap pertama


Tahap pertama dari proses meliputi menghilangkan semua kelompok terulang dan mengidentifikasi kunci utama. Untuk mengerjakannya, hubungan perlu dipecah ke dalam dua atau lebih hubungan, Pada titik ini, hubungan mungkin sudah menjadi bentuk nomalisasi ketiga, bahkan lebih banyak tahap akan diperlukan untuk mentransformasi hubungan ke bentuk normalisasi ketiga.


2.      Tahap kedua


Tahap kedua menjamin bahwa semua atribut bukan kunci sepenuhnya tergantung pada kunci utama. Semua ketergantungan parsial di ubah dan diletakkan dalam hubungan lain.


3.      Tahap ketiga


Tahap ketiga mengubah ketergantungan transitif manapun. Suatu ketergantungan transitif adalah sesuatu di mana atribut bukan kunci tergantung pada atribut bukan kunci lainnya.



Gambar Normalisasi




Gambar  Normalisasi Sebuah Hubungan Dikerjakan Dalam Tiga Tahap Utama


(Sumber: Kenneth. E. Kendall  dan  Julie. E. Kendall., (1),  2003, 265)


Tujuan utama dari proses normalisasi adalah menyederhanakan semua kekompleksan item data yang sering ditemukan dalam tinjauan pemakai.




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gambar Normalisasi"

Post a Comment