Langkah Langkah Melakukan Analisis Trend


Trend Analysis

Analisis trend atau tendensi merupakan analisis laporan keuangan yang biasanya dinyatakan dalam persentase tertentu. Analisis ini dilakukan dari period eke periode sehingga akan terlihat apakah perusahaan mengalami perubahan yaitu naik, turun, atau tetap, serta seberapa besar perubahan tersebut yang dihitung dalam persentase.



Teknik analisis ini biasanya digunakan untuk menganalisis laporan keuangan yang meliputi minimal 3 periode atau lebih. Analisis ini dimaksudkan untuk mengetahui perkembangan perusahaan melalui rentang perjalanan waktu yang sudah lalu dan memproyeksi situasi masa itu ke masa yang berikutnya. Berdasarkan data historis itu dicoba melihat kecenderungan yang mungkin akan muncul di masa yang akan datang.



Langkah- langkah untuk melakukan analisis tren ini adalah sebagai berikut:



1. Menentukan tahun dasar. Tahun dasar ini ditentukan dengan melihat arti suatu tahun bias tahun pendirian, tahun perubahan, atau reorganisasi, dan tahun bersejarah lainnya. Pos-pos laporan keuangan tahun dasar dicatat sebagai indeks 100.



2. Menghitung angka indeks tahun-tahun lainnya dengan menggunakan angka pos laporan keuangan tahun dasar sebagai penyebut.



3. Memprediksi kecenderungan yang mungkin bakal terjadi berdasrkan arah dari kecenderungan historis pos laporan keuangan yang dianalisis.



4. Mengambil keputusan mengenai hal-hal yang harus dilakukan untuk mengantisipasi kecenderungan itu.



Analisa dengan trend ratio akan dapat menunjukkan suatu pos itu mempunyai kecenderungan atau arah yang menurun, meningkat atau tetap serta menunjukkan apakah kecenderungan atau tendensi yang menguntungkan atau tidak menguntungkan. Tetapi didalam menggunakan teknik analisa trend dalam presentase ini harus diingat pula hubungan antara angka-angka dalam trend dengan data absolutnya, karena adanya beberapa kemungkinan sebagai berikut:



1. Tahun yang telah dipilih sebagai dasar mungkin tidak representative.



2. Suatu pos telah naik dari Rp 10 menjadi Rp 20, dan pos yang lain dan dari Rp 100.000 menjadi Rp 200.000. kedua pos ini dalam presentase telah naik dengan 100% meskipun dalam hal yang pertama kenaikan itu tidak penting artinya.



3. Biasanya di dalam menganalisa suatu perubahan, maka perubahan dengan jumlah 100% mendapat perhatian yang lebih besar dibandingkan dengan perubahan yang dalam persentase kecil misalnya hanya 10%, padahal dalam beberapa hal tertentu hal yang demiian tidaklah tepat.



4. Trend dalam presentase menunjukkan tendensi yang tidak menguntungkan, padahal apabila dilihat dalam angka absolutnya tidaklah demikian. Oleh karena itu didalam menganalisa dengan menggunakan trend atau perubahan yang dinyatakan dalam persentase, perlu pula mempelajari perubahanperubahan yang terjadi dalam angka absolutnya atau jumlah rupiahnya serta tendensitendensi yang ada ataupun hubungan antara pos-pos yang ada.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Langkah Langkah Melakukan Analisis Trend"

  1. terima kasih dan sangat bermanfaat. tutorial analisis trend saya pake dua tutorial. yang pertama yang ini dan yang kedua pake yang di tipepedia coba disini. gua works gan

    ReplyDelete