Prinsip-Prinsip Dalam Pengelolaan Likuiditas


Metode dan cara pengelolaan likuiditas yang diterapkan oleh masingmasing bank secara praktis akan saling berbeda, tergantung kepada metode manajemen dana yang diterapkan dan garis kebijakan dalam pengelolaan likuiditas. Namun demikian, terdapat kesamaan dalam prinsip-prinsip mendasar yang menjadi bingkai (frame work) pengelolaan likuiditas.




Pengelolaan likuiditas harus dilakukan secara hati-hati dengan memperhatikan prinsip-prinsip yang ada. Oleh karena itu dalam pengelolaan likuiditas bank perlu diperhatikan beberapa prinsip pengelolaan likuiditas yaitu :



1) Bank harus memiliki sumber dana inti (core source of fund) yang sesuai dengan dengan sifat bank yang bersangkutan maupun pasar uang dan sumber dana yang ada dimasyarakat, serta yang cocok pula dengan mekanisme pengumpulan dana yang berlaku ditempat bank tersebut berada.



2) Bank harus mengelola sumber-sumber dana maupun penempatan dengan hati-hati, oleh karena itu harus diperhatikan komposisi sumber dana jatuh waktu berdasarkan jumlah masing-masing komposisi, tingkat suku bunga, faktor-faktor kesulitan dalam pengumpulan dana, produk-produk dana yang dimiliki dan sebagainya.



3) Bank harus diperhatikan different price for different customer didalam penempatan dananya. Dan price (tingkat suku bunga) tersebut harus diatas tingkat suku bunga dana yang dipakainya, atau dengan kata lain, tingkat suku bunga atas penempatan dana tersebut harus bersifat floating.



4) Bank harus menaruh perhatian terhadap umur sumber dananya kapan akan jatuh waktu, jangan sampai terjadi maturity gap dengan penempatannya (placement). Oleh karena itu perlu diperhatikan prinsip pemenuhan kebutuhan dana yang sering menjadi acuan, yaitu :



a. Kebutuhan dana jangka pendek harus dipenuhi dengan sumbersumber dana jangka pendek.

b. Kebutuhan dana jangka panjang harus dipenuhi dengan sumbersumber dana jangka panjang.



5) Bank harus waspada bahwa tingkat suku bunga dana tersebut selalu berfluktuasi, naik turun dengan gerak yang sukar ditebak sebelumnya (volatile). Oleh karena itu, agar bank tidak kehilangan sumber dananya karena nasabah pindah ke bank lain maka bank harus memiliki pricing policy yang baik, disamping harus mempunyai marketing strategy yang minimal mencakup strategi dibidang :



a. Product Quality;

b. Product Placement;

c. Promotion;

d. Product Pricing;

e. Power;

f. Public Relation.



6) Bank harus secara terkoordinasikan apabila akan menanamkan sumbersumber dananya keaktiva. Sesuai ketentuan perbankan yang ada saat ini, ekspansi aktiva suatu bank akan dibatasi oleh faktor-faktor:



a. Aktiva tertimbang menurut risiko (Risk Weighted Asset).

b. Capital Adequanty Ratio (CAR)

c. Net Open Position (NOP)

d. Loan to Deposit Ratio (LDR)

e. Batas Maksimum Pemberian Kredit (BMPK) atau Legal Lending Limit.

f. Persentase Kredit Usaha Kecil (KUK) harus lebih besar dari 20%.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Prinsip-Prinsip Dalam Pengelolaan Likuiditas"

Post a Comment