Penyebab Bayi Gelisah Saat Tidur


Penyebab Bayi Gelisah Saat Tidur - Bayi yang selalu gelisah saat tidur disebabkan beberapa faktor dan hal ini akan membuat kita sebagai orang tua akan membuat kita resah, apalagi si bayi terus meneteskan air matanya alias menagis dengan suara imutnya. Penyakit ini secepat mungkin harus ditangani kalau tidak akan menimbulkan hal buruk yang mungkin terjadi.





Apa yang Membuat Bayi Anda Gelisah dan Menangis Berlebihan





Bayi bisa menjadi sangat gelisah setiap saat di tiga bulan pertama usianya, dimana kegelisahan ini biasanya dimulai sejak usia 2 mingguan. Bayi biasanya akan kelihatan begitu sehat dan normal, tetapi bisa menangis berlebihan yang sampai membuat anda resah bahkan stress, hal ini sering terjadi terutama di awal pagi hari.





Beberapa tanda dari kegelisahan bayi yang perlu anda perhatikan mungkin termasuk dibawah ini:


  1. Tiba-tiba rewel, dan menangis yang kadang disertai rasa jengkel serta marah

  2. Menangis keras bahkan sampai menjerit

  3. Kadang disertai suara gemuruh dari dalam perutnya

  4. Mengangkat kedua kakinya keatas mendekati perut dan membengkokkan badannya ke belakang (biasanya diiringi tangisan yang keras)

  5. Mukanya memerah

  6. Sakit perut yang mungkin disertai buang angin (kentut) dan buang air besar (berak).



Selain itu anda perlu mempertimbangkan poin-poin dibawah ini, manakala ini sedang terjadi bayi anda.





Mungkin dia masih lapar

Jangankan bayi, orang dewasapun kalau masih lapar maka tidurpun akan gelisah,





Bila anda memberi bayi anda susu botol, maka perhatikan dengan cermat bahwa sirkulasi udara didalam botol lewat '' dot '' berjalan baik.


Bila tidak maka angin otomatis akan lebih banyak didalam lambung bayi, sehingga perut bayi akan membesar '' kembung karena angin ''. situasi ini tentu sangat tidak nyaman, kita orang dewasapun akan mengalami hal yang sama dengan perut kembung.





Sakit


Perhatikan apakah bayi anda mengalami demam. Perhatikan penyakit anak-anak pada bayi sekitar usia 4,5 bulan seperti campak, cacar air. apakah bayi anda sudah mendapat suntikan cacar dan campak juga polio!





Perhatikan tempat tidurnya, mungkin udara sangat panas, nyamuk dsb.





Bila hal-hal diatas anda sudah perhatikan dengan cermat tetapi toch bayi anda tetap gelisa. maka sebaiknya anda membawanya kedokter. disana bayi anda akan mendapat pertolongan yang benar.


Penyebab Bayi Gelisah Saat Tidur



Bayi yang sering menangis dan rewel, pasti sangat meresahkan orang tuanya, apalagi jika itu buah hati pertama orang tuanya. Pengalaman pertama punya bayi pasti sangat merepotkan bagi para orang tua baru, terutama bagi mereka yang memelihara bayi tanpa supervising dari orang tuanya, dalam arti kakek-nenek si bayi. Tapi, jangan takut, bukan kesalahan anda jika sang bayi menangis terus, dan juga bukan kesalahan si mungil buah hati anda. 





Menangis, bahkan sampai sangat serius frekuensinya, umum terjadi pada bayi. Bayi yang tumbuh sehat serta cukup gizi sekalipun, akan tetap menangis. Justru menangis adalah tanda bahwa bayi anda sehat, asal dalam batas-batas tertentu. Anda juga tidak perlu khawatir, karena ini tidak akan mengganggu kesehatan bayi anda. Pada dasarnya aktivitas menangis ini akan berhenti pada usia tertentu sang bayi. Banyak kasus menyatakan setelah mencapai usia 3 bulan, bayi mulai akan mengalami masa yang relatif lebih tenang.



Bayi dan Tangisannya

Menangis adalah aktivitas normal bagi bayi sebagai salah satu cara untuk berkomunikasi dengan orang tuanya. Hal ini terutama terjadi pada beberapa minggu awal setelah sang bayi keluar dari rahim ibunya.


Menurut hasil penelitian, bayi yang baru lahir bisa menangis sampai 1,5 jam per hari. Walaupun setiap bayi kondisinya berbeda, secara umum bayi sampai usia 6 mingguan, walaupun sangatlah sehat bisa menangis sampai 3 jam per hari.


Semakin bertambah usia sang bayi, khususnya setelah 6 minggu, mereka akan belajar cara-cara lain dalam berkomunikasi, dan secara umum jumlah tangisnya akan berkurang sedikit demi sedikit.





Demikian Artikel Penyebab Bayi Gelisah Saat Tidur ini, semoga anda dapat mempertimbangkannya...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyebab Bayi Gelisah Saat Tidur"

Post a Comment